Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melepas Ribuan Lampion Tahun Baru di Borobudur

Kompas.com - 01/01/2016, 14:43 WIB
Kontributor Manado, Ronny Adolof Buol

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah bertabur ribuan lampion cantik pada malam pergantian tahun baru 2015 ke 2016.

Pengelola PT Taman Wisata Candi Borobudur dan masyarakat sekitarnya telah menyiapkan 2.016 buah lampion yang diterbangkan tepat pada jarum jam menunjukkan pukul 00.00, 1 Januari 2016.

Direktur Pemasaran dan Kerja Sama PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Sahala Parlindungan Siahaan, menjelaskan bahwa dari 2.016 buah lampion, 1.600 buah di antaranya diterbangkan di Taman Lumbhini komplek Taman Wisata Candi Borobudur.

"Sedangkan sisanya diterbangkan oleh masyarakat yang tinggal di 20 Desa di sekitar cagar budaya dunia itu," ujar Ricky.

KOMPAS.com / RONNY ADOLOF BUOL Detik-detik pergantian tahun dari 2015 ke 2016 di komplek Candi Borobudur yang dimeriahkan dengan pelepasan 2016 lampion ke udara dalam event Borobudur Nite 2015.

Ricky menjelaskan, penerbangan lampion merupakan simbol rasa syukur kepada Tuhan karena telah melewati tahun 2015 yang penuh tantangan dan berkah. Lampion juga menjadi simbol pengharapan agar 2016 mendatang juga dapat dijalani dengan penuh dengan keberkahan.

Di sisi lain, penerbangan lampion di Candi Borobudur menjadi salah satu upaya untuk menarik wisatawan, khususnya wisatawan domestik. Dalam acara bertajuk "Borobudur Nite 2015, Music, Latern & Pray" itu juga dilakukan doa bersama lintas agama yang juga dimeriahkan dengan beragam kesenian tradisional maupun kontemporer.

Kepala Departemen Pemasaran PT TWC, Prambanan dan Ratu Boko, Emilia Eny Utari menjelaskan bahwa dari penjualan tiket masuk banyak yang memesan dari Jakarta, Lampung, Sumatera dan Jawa Tengah, serta beberapa turis asing.

KOMPAS.com / RONNY ADOLOF BUOL Wisatawan bersiap melepas lampion saat malam pergantian tahun dari 2015 ke 2016 pada event Borobudur Nite 2015 di Candi Borobudur. Sebanyak 2016 lamipion diterbangkan ke langit Magelang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com