Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Dokter "Internship" Meninggal Dunia di Daerah Terpencil

Kompas.com - 15/12/2015, 21:35 WIB

DOBO, KOMPAS.com - Sebuah berita sedih tentang kematian dokter yang mengabdi di daerah terpencil kembali tersiar.

Kali ini seorang dokter muda asal Kota Langsa, Aceh, dikabarkan meninggal dunia di Dobo, Provinsi Maluku.

Dia meninggal dunia setelah sempat koma beberapa lama akibat terserang demam dan dehidrasi.

Dokter tersebut bernama Afrianda Naufan (Nanda) yang tengah menjadi dokter internship di Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku.

Dobo adalah daerah yang sama mendiang dr Andra yang belum lama ini juga meninggal dunia saat menjalani tugas internship. Baca: Dokter Andra Meninggal di Pulau Terpencil.

Menurut informasi yang diterima Serambinews.com dari kalangan dokter di Banda Aceh, Selasa (15/12/2015) malam, dr Nanda mengalami demam, dehidrasi, hingga akhirnya dievakuasi ke RSUD di Ambon dalam keadaan koma.

Meski sudah menjalani perawatan, kondisi Nanda terus memburuk hingga akhirnya nyawanya tak terselamatkan.

Dokter Nanda adalah putra dr Hj Cut Diah Adivar MM, Direktur RS PTP Langsa Aceh. Dia berangkat ke daerah terpencil Maluku untuk menuntaskan kewajiban internship-nya.

"Jenazah dr Nanda akan tiba di Kuala Namu, Rabu besok siang, dan selanjutnya akan dibawa ke Langsa untuk pemakaman," tulis seorang dokter RSUZA Banda Aceh, mengabarkan kepada Serambinews.com.

Kasus ini memiliki kemiripan dengan kejadian yang menimpa dr Andra yang meninggal akibat penanganan tidak optimal di wilayah tersebut.

Dokter internship adalah dokter yang telah diangkat sumpah, sehingga mereka bukan lagi mahasiswa kedokteran seperti apa yang diutarakan Menteri Kesehatan sebelumnya.

Artikel ini telah dikoreksi. Sebelumnya disebutkan mengenai gaji dokter internship dan santunan yang diterima jika meninggal saat bertugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com