Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kucing Hutan Dilepas di Taman Nasional Meru Betiri

Kompas.com - 15/12/2015, 12:51 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com – Lima ekor kucing hutan (felis bengalensis) dilepas liarkan oleh aparat BKSDA Yogyakarta, Selasa (15/12/2015), di Resor Sukamade SPTN Wilayah I Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Kucing hutan yang terdiri dari empat jantan dan satu betina itu dilepas di wilayah Taman Nasional Meru Betiri.

Sulistyo Widodo, Koordinator polisi hutan kepada Kompas.com menjelaskan, dipilihnya kawasan Taman Nasional Meru Betiri karena kawasan tersebut merupakan salah satu habitat asli kucing hutan di Pulau Jawa.

“Dari tahun ke tahun sejumlah spesies ini berkurang karena alih fungsi habitat serta banyaknya perburuan satwa jenis kucing hutan yang dijadikan komoditas perdagangan satwa,” kata dia.

Agenda pelepasliaran kucing hutan ini merupakan agenda rutin, sebelumnya pada tahun 2014 lepas liar kucing hutan dilakukan di Suaka Margasatwa Sermo di Kulon Progo.

Ke lima ekor kucing hutan yang dilepaskan hari ini merupakan hasil operasi penertiban peredaran tumbuhan dan satwa liar dilindung undang undang yang dilakukan oleh Polisi Hutan (Polhut) BKSDA Yogyakarta.

Sulistyo menjelaskan, keberadaan kucing hutan dilindungi dalam lampiran PP Nomor 7 Tahun 1999 serta pada UU Nomor 5 Tahun 1990.

“Pelepasliaran kucing hutan ini salah satu upaya agara kucing hutan khususnya di wilayah taman nasional tidak punah,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com