Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua Dewan Syuro PKB KH Abdul Aziz Mansyur Tutup Usia

Kompas.com - 08/12/2015, 13:19 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), KH Abdul Azis Mansyur meninggal dunia, Senin (7/12/2015) dini hari. 

Pengasuh Pondok Pesantren Tarbiyatunnasyiin Paculgowang, Kecamawan Diwek, Kecamatan Jombang itu menghembuskan nafas terakhir karena menderita penyakit jantung.

Ulama berusia 75 tahun itu, kata Sekretaris DPW PKB Jawa Timur, Thoriqul Haq, sebelumnya sempat menjalani perawatan selama dua hari di Rumah Sakit Graha Amerta Surabaya.

"Dini hari tadi, jenazahnya langsung di pulangkan ke Jombang, dan siang ini akan di makamkan di komplek pesantren," kata dia Selasa (8/12/2015).

Selaku kader PKB, dia mengaku sangat kehilangan figur pengayom yang selalu memberi nasihat dan contoh perilaku santun dalam politik.

"Beliau adalah ulama kharismatik sekaligus pelaku politik yang konsisten dengan kaidah fiqh. Persis sebagaimana para ulama politik NU saat itu, di mana waktu itu NU dalam khidmat perjuangan politik," kata dia.

KH Abdul Aziz Mansyur terpilih sebagai Ketua Dewan Syuro PKB saat Muktamar PKB ke-3 di Surabaya, September 2014 lalu. Dia terpilih secara aklamasi mendampingi Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB.

Jabatan tersebut adalah jabatan untuk periode kedua, karena sejak 2008 dia terpilih menjabat posisi yang sama dalam Muktamar Luar Biasa PKB Ancol Jakarta pada 2008. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com