Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TNI AD Siapkan 394 Personel Amankan Pilkada di NTT

Kompas.com - 08/12/2015, 01:17 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com – TNI Angkatan Darat dari Markas Korem 161 Wira Sakti Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) tmenyiapkan 394 personel dari Brigade Infanteri (Brigif) 21/Komodo, untuk mengamankan pemilihan kepala daerah (pilkada) di sembilan kabupaten di wilayah NTT.

Komandan Korem Wira Sakti 161 Kupang Brigjen TNI Heri Wiranto, Senin (7/12/2015) mengatakan bahwa TNI-AD siap mengamankan jalannya pilkada serentak di NTT yang akan digelar 9 Desember 2015.

Menurut Heri, TNI melakukan pengamanan dalam rangka membantu polisi dan pemerintah daerah.

“Tugas yang kita laksanakan ini dilandasi dengan payung hukum, yakni Undang-undang Nomor 34 tentang TNI, khususnya Pasal 7 Ayat 10 tentang perbantuan TNI kepada Polri,” sambung Heri.

Ia juga berharap setiap anggota yang ditugaskan mampu mematuhi prosedur tetap dan menjadikannya sebagai pedoman di lapangan.

“Patuhi segala petunjuk dan perintah pimpinan, sehingga semua terkendali di bawah satu komando, serta adakan koordinasi sebaik-baiknya dengan satuan lain maupun Pemda setempat,” ujar Heri.

Personel yang berjumlah 394 orang ini, akan diberangkatkan melalui angkutan darat dan kapal laut yang terbagi dalam 9 peleton ke sembilan kabupaten yang melaksanakan pilkada serentak.

Adapun sembilan kabupaten yang akan menggelar Pilkada di NTT yakni, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Belu, Malaka, Sabu, Sumba Timur, Sumba Barat, Ngada, Manggarai dan Manggarai Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com