Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Bekuk Komplotan Pembobol ATM Bermodus Tusuk Gigi

Kompas.com - 26/11/2015, 16:57 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com- Polrestabes Semarang menangkap lima orang pelaku pembobolan ATM bermodus mengganjal lubang kartu menggunakan tusuk gigi.

Kelima pelaku adalah Agus Sunarto (47), warga Kota Serang, Banten, Niko Dealisandi (31) warga Lampung dan Kevin Aliando (37) warga Serang, Banten.

Ketiga pelaku tersebut sudah beraksi sebanyak 15 kali di Kota Semarang, sedangkan dua pelaku lainnya beraksi di Bandung, Jawa Barat.

"Untuk tersangka yang di Bandung, sudah kami koordinasikan dengan Polrestabes Bandung," kata Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Burhanudin, Kamis (26/11/2015).

Burhanudin mengatakan, para pelaku ditangkap setelah menguras isi rekening korban yang saat itu mengambil uang di mesin ATM di Mijen, Kota Semarang.

"Mereka ini dari luar Kota Semarang semua, kos di Puri Anjosmoro," katanya.

Lantaran berusaha melawan saat hendak ditangkap, dua diantara pelaku dihadiahi timah panas di bagian kaki.

Para tersangka melakukan pembobolan dengan memasukkan tusuk gigi ke dalam lubang kartu di sebuah mesin ATM.

Apabila seseorang hendak mengambil uang di ATM, kartu milik orang seolah tertelan mesin. Keadaan inilah yang dimanfaatkan pelaku untuk beraksi.

Mereka berpura pura menolong korban yang kebingungan lantaran kartu ATM-nya tertelanmesin.

Sebelumnya, para pelaku sudah menyiapkan kartu ATM kosong yang mirip dengan milik korban.

"Satu orang bertugas mengawasi keadaan dari luar, satunya lagi memasang perangkap, satu orang memperhatikan PIN milik korban. Pelaku Agus alias Kyai ini punya keahlian menghafal PIN hanya dengan melihat gerakan tangan korban saat memencet angka,"  tambah Burhaunddin.

Mereka memanfaatkan kelengahan korban, kartu ATM yang tadinya sudah disiapkan pelaku diberikan kepada korban.

"Korban tidak sadar kalau kartu yang diberikan itu bukan miliknya, melainkan kartu ATM kosong yang sudah disiapkan pelaku," katanya.

Setelah korban pergi, pelaku lalu mengeluarkan kartu ATM milik korban menggunakan gergaji besi. Pelaku pun leluasa menguras isi ATM milik korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com