Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Titik Api Baru Muncul di Lereng Merapi, Relawan Dikerahkan

Kompas.com - 02/11/2015, 14:06 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

BOYOLALI, KOMPAS.com - Untuk mengantisipasi agar titik api tidak meluas, tim gabungan dari Basarnas, relawan Barameru, Balai Taman Nasional Gunung Merapi (BTNGM) Resort Selo Boyolali, Polri dan TNI, melakukan pemadaman di lereng Gunung Merapi.

Dari pantuan terakhir, empat titik api baru muncul, Senin (2/11/2015) pagi. Kondisi cuaca yang kering dan berangin membuat api mudah merembet.

Puluhan petugas gabungan sudah bersiaga di Posko Selo, Boyolali, Jawa Tengah, untuk memadamkan titik api di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Dusun Malangan, Desa Lencoh, Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Petugas menyatakan, empat titik api muncul tidak jauh dari lokasi kebakaran di lereng Merapi. Api yang muncul pada hari Minggu (1/2/2015) terpantau petugas di Dusun Sepi, Desa Lencoh.

"Lokasi empat titik api tidak jauh dari loksai pertama, mungkin karena angin, api cepat merembet. Oleh karena itu, kita segera kirim orang untuk memadamkan api agar tidak meluas," kata Suwignyo, Kepala BTNGM, Senin (2/11/2015).

Suwignyo menambahkan, hingga kini, api belum sampai ke jalur pendakian. Namun, untuk mengantisipasi, jalur pendakian Gunung Merapi dari Posko Selo, ditutup.

Sementara itu, Suwignyo belum bisa memastikan berapa luas area hutan yang terbakar.

"Untuk luas yang terbakar masih belum tahu, yang jelas kita upayakan pemadaman oleh para relawan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com