Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Tempatkan Tangki Khusus Pertalite di Balikpapan

Kompas.com - 21/10/2015, 18:40 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani J

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – PT Pertamina (Persero) Wilayah Pemasaran VI menempatkan tangki kapasitas 500 kiloliter untuk memenuhi konsumsi pertalite di Balikpapan, Penajam Pasir Utara (PPU) dan Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Pertamina menempatkan tangki khusus pertalite itu di terminal BBM di Balikpapan.

“Pengirimannya sekarang dari sini untuk Balikpapan sekitarnya, hingga PPU dan Paser,” kata Retail Fuel Marketing Manager Pertamina Wilayah Pemasaran VI, Asep Wicaksono, Rabu (21/10/2015).

Penjualan varian terbaru Pertamina ini di Balikpapan dan sekitarnya telah menembus 20.000 liter per hari. 

Asep mengungkap, Pertamina berencana semua SPBU dan APMS bisa menjual pertalite. Karenanya, kini Pertamina memerlukan tangki di Balikpapan.

“Dengan target penjualan 50.000 liter per hari di akhir 2015,” kata Asep.

Dengan menempatkan tangki khusus pertalite di Balikpapan, pengirimannya tidak lagi bergantung pada Samarinda.

Tidak hanya itu, Asep mengatakan, Pertamina kini juga mampu mengolah sendiri pertalite di tempat.

“(Saat ini) diolah sendiri dan sudah berlangsung sejak satu minggu ini di depot. Produksinya sesuai kebutuhan saja, yakni memenuhi 500 kilo liter itu. Tidak ada (tambahan fasilitas produksi). Hanya dengan penambahan adiktif tertentu,” kata Asep.

Pertamina meluncurkan pertalite pada 4 September 2015 lalu di Balikpapan, menyusul 7 September 2015 di Samarinda.

Saat itu, rata-rata penjualan normal premium di Balikpapan hingga Paser berada di kisaran 15.000 kilo liter per bulan atau 1.000 kilo liter per hari.

Kehadiran varian baru BBM ini rupanya mulai menggerus perlahan pelanggan premium. “Lebih dari 5 persen (dari pelanggan premium itu) mulai beralih ke pertalite untuk saat ini,” kata Asep.

Sementara itu, Sales Executif Pertamina, Sonny Igro, mengatakan, di Kalsel penjualan pertalite sudah mencapai 60.000 liter per hari.

“Sedangkan Kaltim yang terdiri dari Balikpapan dan Samarinda saja sudah 40.000 liter per hari. Lagipula SPBU di Banjarmasin juga lebih banyak,” kata Sonny.

Pertamina terus melebarkan penjualan pertalite di Kalimantan saat ini. Pertamina rencananya akan meluncurkan perdana pertalite bagi masyarakat di Pontianak, Kalimantan Barat, pada 27 Oktober 2015 mendatang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com