Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bali Dijadikan Pusat Percontohan Energi Bersih di Indonesia

Kompas.com - 17/10/2015, 19:35 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said menyampaikan bahwa Bali dijadikan daerah percontohan energi bersih di Indonesia.

"Bali akan menjadi pusat percontohan pembangunan energi bersih. Ini sejalan dengan program Bali Clean and Green," kata Sudirman Said di Nusa Dua, Bali, Sabtu (17/10/2015).

Pernyataan Said disampaikan di sela-sela acara Renewable Energy Forum. Dia menjelaskan, alasan Bali dipilih sebagai daerah contoh energi bersih karena banyak dikunjungi wisatawan mancanegara sehingga diharapkan berdampak positif.

"Bali dikunjungi oleh seluruh dunia. Diseminasinya akan lebih cepat. Jika ada perkembangan yang baik akan cepat menyebar," ujarnya.

Langkah-langkah sudah dilakukan, yaitu persipan pembangun pusat riset di Kabupaten Jembrana.

"Tahap awal melakukan koordinasi dengan Pemda Bali. Pembangunan pusat riset di Kabupaten Jembatan," tambahnya.

Pemerintah pusat akan mendukung Bali di antaranya kebijakan, membawa investasi dan mengajak lembaga terkait membangun kapasitas, kemampuan SDM dan riset. Tahun 2025, Indonesia harus mengunakan 25 persen energi terbarukan, sementara target Bali pada 2018-2019 menggunakan energi bersih mencapai 90 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com