Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pura-pura Beli Jilbab, Perempuan Ini Malah Mencuri Ponsel

Kompas.com - 15/10/2015, 12:12 WIB
Kontributor Bireuen, Desi Safnita Saifan

Penulis

BIREUEN, KOMPAS.com — Aksi pencurian telepon genggam merek Asus milik Eliana (22), pemilik toko Roma Jilbab, di pusat perbelanjaan depan Koramil Bireuen, Kabupaten Bireuen, Aceh, Kamis (15/10/2015), digagalkan warga.

Pelaku sempat kabur dengan menggunakan becak. Namun, warga berhasil memburu dan kemudian menangkap tersangka pencuri. Dia kemudian diamankan di Mapolsek Kota Juang untuk menghindari amukan massa.

Pelaku bernama Engeline itu kini sedang diperiksa di Mapolsek dan satu telepon genggam sudah diamankan sebagai barang bukti. Di Mapolsek, Eliana mengatakan, dia sama sekali tak menduga pencurian itu karena awalnya tersangka pelaku datang untuk melihat-lihat jilbab yang dijual di toko itu.

Namun, pada saat bersamaan, Eliana juga sedang melayani beberapa pembeli dan meletakkan telepon yang sedang diisi ulang baterainya di tempat yang tertutup. “Saya sempat curiga karena saat tengah melayani pembeli, dia melihat-lihat ke arah ponsel saya, pas saya masuk ke dalam untuk mengambil jilbab dan keluar lagi, saya kaget melihat charger tergantung kosong dan bergoyang tanpa ponsel lagi,” kata Eliana kepada Kompas.com.

Melihat telepon genggamnya hilang, Eliana lari ke luar toko dan berteriak meminta tolong. Dia meyakini pelaku pencurian adalah tersangka yang baru keluar dari tokonya. Teriakan Eliana didengar warga dan mereka langsung mengejar pelaku yang sekitar 200 meter meninggalkan lokasi itu dengan menggunakan becak.

Alhasil, pelaku diciduk dan diamankan dua petugas polisi yang kebetulan sedang berpatroli. Engeline, kepada wartawan, mengaku tak menyadari bahwa ponsel itu berada di antara jilbab yang ia ambil. Ia mengatakan baru tiba pagi tadi karena kabur dari rumahnya di Binjai, Sumatera Utara. “Saya naik truk lari ke Aceh, tadi pagi baru sampai. Jadi ke pasar hendak beli jilbab ganti, tak tahu ada ponsel ini di tas saya dan akhirnya jadi begini,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com