Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran dan Kabut Asap, Alex Nurdin Jadi Sasaran Demo

Kompas.com - 13/10/2015, 12:22 WIB
Kontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria

Penulis

INDRALAYA, KOMPAS.com — Ratusan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sriwijaya, Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, menuntut Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin untuk bertanggung jawab terkait maraknya kebakaran lahan dan tebalnya kabut asap.

Mahasiswa juga mendesak Alex Nurdin berani menindak tegas koorporasi yang menjadi pelaku pembakaran lahan di wilayah Sumsel.

Aksi ratusan mahasiswa itu diawali di Terminal Kampus Universitas Sriwijaya. Massa pendemo kemudian bergerak ke Gedung DPRD dan Kantor Pemerintah Provinsi Sumsel.

Presiden Mahasiswa Unsri Febri Walanda dalam orasi menilai, Gubernur Sumsel belum berusaha maksimal untuk mengatasi kebakaran lahan dan kabut asap.

Dia menilai, Gubernur seharusnya bisa lebih agresif lagi menggunakan daya yang ada untuk mengatasi persoalan itu.

“Gubernur Sumsel seharusnya bisa lebih cepat lagi dalam mengatasi kebakaran lahan di Sumatera Selatan, khususnya di Kabupaten OKI dan MUBA, ini yang kami tunggu,” tegas Febri.

Sementara itu, Wakil Gubernur Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsri Idwar mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumsel harus tegas menjalankan peraturan perundang-undangan.

”Tuntaskan kabut asap di Sumatera Selatan, dan jangan sampai tahun depan atau 2016 masalah ini terulang lagi,” kata dia.

Seusai melakukan orasi, ratusan mahasiswa tersebut langsung bergerak ke Gedung DPRD dan Pemprov Sumsel untuk menyampaikan aspirasinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com