Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gereja Mewah Berlantai Tiga di Ambon Terbakar

Kompas.com - 08/10/2015, 11:51 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Gereja Bethani Indonesia (GBI) Rock Ambon yang berlokasi di Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe, Ambon, Kamis (8/10/2015) dinihari terbakar.

Tak semua bangunan gereja mewah itu terbakar. Kobaran api menghanguskan bangunan di lantai tiga dan lantai dua gereja, sementara lantai satu masih tetap utuh.

Belum diketahui penyebab kebakaran, namun dugaan sementara kebakaran itu terjadi karena adanya hubungan arus pendek di lantai dua gereja tersebut.

Pantauan di lokasi kejadian, hingga kini aparat Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease masih melakukan olah tempat kejadian perkara. Demi kepentingan penyelidikan, di lokasi gereja dipasang garis polisi melingkari gereja tersebut.

Enos salah satu warga setempat saat ditemui Kompas.com tak jauh dari lokasi kebakaran mengungkapkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 02.30 Wit. ”Api membakar gedung gereja dari lantai dua setelah itu api merambat ke lantai tiga,” kata dia.

Dia menuturkan, kobaran api merambat sangat cepat karena angin yang berhembus kencang. Warga sekitar yang mengetahui kebakaran itu langsung berusaha memadamkan api dengan cara seadanya.

“Kebakaran besar sekali warga juga panik, namun tetap berusaha memadamkan api secara seadanya,” kata dia.

Kebakaran baru berhasil dipadamkan setelah sejumlah unit mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota Ambon dikerahkan ke lokasi kebakaran. ”Tadi ada sekitar lima unit mobil pemadam kebakaran yang datang ke sini,” kata Maikel, warga lainnya.

Kepala sub bagian Humas Polres Pulau Ambon, Iptu Meitu Jacobus mengaku belum mampu memastikan penyebab kebakaran. Saat ini, penyebab kebakaran masih diselidiki di lokasi kejadian.

“Soal apakah kebakaran itu karena arus pendek atau sebab lain itu masih diselidiki karena petugas masih berada di lapangan,” kata Meitu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com