Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Lebat Disertai Angin di Bandung, Puluhan Pohon Tumbang

Kompas.com - 07/10/2015, 22:13 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Kota Bandung diguyur hujan lebat disertai angin kencang, Rabu (7/10/2015) sore. Peristiwa ini menyebabkan puluhan pohon besar tumbang hingga melintang ke tengah jalan.

"Tercatat, ada 31 lokasi pohon tumbang di Kota Bandung," kata Kepala Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bandung, Arief Prasetya kepada Kompas.com.

Hujan yang sangat deras disertai angin kencang membuat beberapa yang pohon tumbang sampai tercabut hingga ke akar-akarnya. "Pohon tumbang yang tercabut dengan akarnya terdapat di lima lokasi," kata Arief.

Lokasi tumbangnya pohon-pohon itu adalah Jalan Ir. H. Djuanda (Jalan Dago) tepat di samping Bank Central Asia (BCA), Jalan Hegarmanah, Jalan Ganeca (sekitar kampus ITB), Jalan Sidomukti dan Jalan Lombok. Bahkan, sejumlah mobil rusak berat akibat tertimpa pohon. "Sampai saat ini yang dilaporkan baru ada empat kendaraan yang tertimpa," tambah Arief.

Beruntung tidak ada korban jiwa atas peristiwa ini namun arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan yang terdapat pohon tumbang sempat lumpuh. Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, kejadian pohon tumbang memang tak bisa diprediksi. Tumbangnya pohon, kata dia, kemungkinan karena umurnya sudah tua. "Pohon itu kan ada umurnya juga," kata pria yang akrab disapa Emil ini.

Pemkot Bandung berupaya mencegah atau setidaknya mengurangi terulangnya peristiwa serupa dengan cara melakukan peremajaan pohon. "Kita lakukan peremajaan pohon, jadi kita cek, nah, pohon yang sudah tua ditebang dan kita remajakan, ditanam lagi pohon baru," ujar Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com