Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30.000 Hektar Hutan Pulau Seram Terbakar, Aparat Malah Berekreasi

Kompas.com - 26/09/2015, 22:41 WIB
Frans Pati Herin

Penulis

MASOHI, KOMPAS.com - Setidaknya 30.000 hektar hutan di Pulau Seram, tepatnya Kecamatan Seram Utara Kobi, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku, ludes dilahap si jago merah. Ironisnya, sejumlah aparat negara malah berekreasi dan seakan tidak menghiraukan hal itu.

Hingga Sabtu (26/9/2015) malam, api belum bisa dipadamkan. Pius Lawe, tokoh agama di Masohi, ibu kota Kabupaten Maluku Tengah, menuturkan, ia menjumpai sejumlah aparat yang hendak berekreasi ke Pantai Ora. Tempat wisata tersebut merupakan ikon di Maluku Tengah yang juga berada di Seram bagian utara.

Sejumlah titik di jalan menuju Pantai Ora, yakni Jalan Trans Seram, kata Pius, juga sempat dikepung asap. "Aparat tidak peduli. Mereka malah berekreasi. Ini sangat ironis," katanya.

Ia berharap, Pemkab Maluku Tengah segera berkoordinasi dengan pimpinan TNI dan Polri setempat untuk memadamkan api.

Sekretaris BPBD Maluku Tengah Haraji Patty mengatakan, titik api berada lebih kurang 30 kilometer dari Jalan Trans Seram. "Api belum bisa dipadamkan. Luas lahan yang terbakar sekitar 30.000 hektar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com