Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Pilkada, Polda Maluku Utara dan Papua Barat Minta Tambah Personel

Kompas.com - 21/09/2015, 12:35 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asisten Operasi Kapolri Irjen Unggung Cahyono menyebutkan, ada kepolisian daerah bagian timur Indonesia yang meminta bantuan tambahan pasukan untuk pengamanan pemilihan kepala daerah serentak pada Desember 2015.

"Ada beberapa daerah yang meminta back up (personel), yaitu Maluku Utara dan Papua Barat," ujar Unggung dalam diskusi tentang pilkada serentak di auditorium Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta Selatan, Senin (21/9/2015).

Mantan Kepala Polda Metro Jaya itu mengatakan bahwa Polri sudah mengevaluasi permintaan itu. Berdasarkan kerentanan gangguan keamanan jelang pilkada, Polri merasa perlu adanya penebalan personel keamanan di kedua daerah tersebut.

"Nanti kami back up, masing-masing satu kompi di dua polda itu dari Mabes Polri," ujar Unggung.

Unggung memastikan bahwa sejauh ini proses pilkada di seluruh Indonesia berjalan aman dan kondusif. Belum ada situasi gangguan keamanan di mana Polri harus mengerahkan personel dalam jumlah besar. Ia menyebutkan, jika situasi berubah menjadi tidak kondusif dan berpeluang konflik, hal itu kemungkinan terjadi pada saat menjelang masa tenang kampanye.

"Makanya, bantuan-bantuan personel itu akan dikerahkan Mabes Polri saat jelang hari tenang hingga selesai pengutan suara," ujar Unggung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com