Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepsek Korban Penipuan Facebook Akhirnya Lunasi Utang Rp 500 Juta ke Rentenir

Kompas.com - 17/09/2015, 20:13 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com — Korban penipuan lewat media sosial Facebook, Siti Mundiyah (52), Kepala SDN Pringsari 01, Pringapus, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, mengaku lega. Ia sudah mengantongi uang Rp 500 juta yang harus ia kembalikan ke rentenir. Sesuai perjanjian, dirinya harus mengembalikan utangnya itu pada Kamis (17/9/2015). 
 
Baca: Setelah Tertipu Rp 800 Juta, Kepsek di Ungaran Kini Dikejar Rentenir.

"Alhamdulillah, uang yang harus saya kembalikan ke rentenir sudah siap dikembalikan," kata Siti saat dihubungi, Kamis. 

Siti adalah korban penipuan Jackson Chukwukere Oris alias Gabriel, warga negara Nigeria yang mengaku sebagai Jenderal Wande Paul. Keduanya bertemu di Facebok. Sri menyerahkan uang hingga Rp 800 juta kepada Gabriel. Baca: Niat Bantu Teman Facebook, Kepala Sekolah Kena Tipu Rp 800 Juta

Siti terpaksa menjual tanah dan meminjam uang kepada sejumlah orang untuk dapat melepaskan diri dari jeratan rentenir. 

"Satu kewajiban sudah dapat teratasi. Berkat dukungan keluarga, terutama sang suami, saya bisa menyelamatkan usaha sewa kos yang saya jadikan jaminan pinjaman kepada pihak rentenir," ujarnya.

Sri kini menanti perkembangan proses hukum yang ditangani oleh Ditreskrimum Polda Metro Jaya Jakarta. Gabriel yang ditangkap polisi berjanji akan mengembalikan uang Sri. 

"Pelaku sudah bersedia untuk mengembalikan, hari kamis (19/7/2015) mau dikembalikan. Karena uang sudah telanjur ditranser ke negara asal Gabriel. Katanya istrinya yang mau ke Indonesia," kata Siti.

Dalam kesempatan ini, Siti juga membantah adanya tudingan bahwa sebagian uang yang ia setor ke rekening pelaku yang menipunya hingga Rp 800 juta itu adalah uang dinas.

"Jadi tidak benar kalau ada yang menduga-duga itu uang sekolah atau yang lain. Bisa dicek ke bendahara sekolah, ada enggak uang yang saya pakai," kata Siti. Baca: Sudah Tertipu, Kepsek di Kabupaten Semarang Terancam Dipecat.

Kompas TV Penipu Warga Negara Asing Beraksi Melalui Facebook

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com