Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Anggota AL Amerika Ternyata Berasal dari Cilacap

Kompas.com - 03/08/2015, 15:10 WIB
BALI, KOMPAS.com — Siapa menyangka pria ganteng yang menjadi anggota prajurit Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) ini masih keturunan Cilacap.

Prajurit berdarah Indonesia itu bernama Heru Kurniawan Mansell. Ia ikut dalam rombongan kapal perang Amerika Serikat, USS Bonhomme Richard (LHD 6), yang bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali, sejak 31 Juli lalu.

Heru yang oleh rekan sejawatnya di US Navy sering dipanggil Heru Mansell itu lahir di Cilacap, Jawa Tengah, sekitar 30 tahun lalu.

Menurut penuturan sumber dari Penerangan TNI Angkatan Laut (AL) kepada Tribun Bali, kisah Heru hingga bisa sampai ke Amerika berawal dari seseorang bernama Mansell.

Ketika Heru masih berusia dua tahun, disebutkan bahwa Mansell bekerja di Cilacap. Untuk diketahui, Cilacap merupakan tempat salah satu kilang minyak besar Pertamina dan sebuah industri semen besar yang sebagian pekerjanya adalah warga asing. Mansell kemudian mengadopsi Heru dan membawanya ke Amerika.

"Heru dibawa ke Amerika sejak umur dua tahun," kata prajurit di lingkungan TNI AL yang enggan disebut identitasnya itu, Sabtu (1/8/2015).

Karena sejak balita sudah tinggal dan dibesarkan di keluarga Amerika, Heru pun secara kultur tumbuh seperti orang Amerika pada umumnya dan bahkan telah menjadi warga negara negeri Paman Sam itu.

Meski demikian, kecintaan Heru kepada Indonesia tak pernah luntur.

Menurut sumber di TNI AL yang sempat berbincang dengan Heru di acara cocktail party setelah kapal induk itu merapat di Pelabuhan Benoa pada Jumat (31/7/2015), Heru sangat cinta Indonesia.

"Selalu ada keinginan dia untuk berkunjung ke Indonesia," kata sumber itu.

Heru juga bisa berbahasa Indonesia kendati masih terbatas.

Di kapal induk Wasp-Class atau sejenis kapal serbu amfibi itu, Heru bertugas sebagai mekanik di bagian Combat System. Tugasnya ialah mengurusi persenjataan di kapal induk tersebut.

Meski telah tinggal di Amerika, hubungan Heru dengan keluarganya di Cilacap tak pernah putus.

Bahkan, beberapa tahun yang lalu, ia pernah mengunjungi keluarganya yang berada di kabupaten yang berbatasan dengan Ciamis, Jawa Barat, itu.

"Selain di Cilacap, dia juga mempunyai keluarga di Surabaya, yakni kakaknya. Kemarin kakaknya itu datang menyambut kedatangan Heru di Bali," ucap seorang prajurit TNI AL lainnya, yang juga keberatan disebut namanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com