Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama 6 Bulan, Polisi Medan Ringkus 1.283 Bandit Jalanan

Kompas.com - 31/07/2015, 19:24 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Maraknya aksi kejahatan jalanan memaksa Maolresta Medan dan Polsek sejajaran bekerja ekstra. Selama enam bulan terakhir, polisi meringkus 1.283 bandit jalanan. Dari ribuan tersangka yang diamankan, satu tewas diterjang timah panas polisi.

“Penangkapan kasus 3C atau curas, curat dan curanmor, sangat meresahkan masyarakat. Dalam enam bulan, Polresta Medan mengungkap 1.139 kasus dengan tersangka berjumlah 1.283,” ungkap Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Helfi Assegaf didampingi Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Jumat (31/7/2015).

Dijelaskannya, 1.139 kasus yang diungkap terdiri atas kasus pencurian dengan kekerasan (curas) sebanyak 220 kasus dengan tersangka 287 orang; pencurian dengan pemberatan (curat) berjumlah 558 kasus dengan tersangka 625 orang dan; pencurian kendaraan bermotor (curanmor) 361 kasus dengan 371 orang tersangka.

“Khusus untuk Juli terhitung mulai 1 Juli sampai 31 Juli, kita mengungkap 141 kasus dengan 178 tersangka,” kata Helfi.

Dari ribuan bandit jalanan yang ditangkap, dua di antaranya terpaksa ditembak di tempat, satu tewas. Tersangka yang tewas bernama Rusli Lubis alias Loli (29) yang merupakan pelaku kasus penipuan dan pencurian di dalam angkutan umum.

“Terkait kasus pencurian dan penipuan di dalam angkot, kita terima laporan tersangka dan tiga rekannya kerap beraksi di empat wilayah yakni di Patumbak, Sunggal, Percut Seituan dan Deli Tua, dan kita menerima 55 laporan polisi,” katanya.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan dan melakukan penangkapan pada Rabu (29/7/2015) sore kemarin di bawah fly over Medan Amplas.

“Saat polisi mendekati untuk dilakukan pemeriksaan, tersangka yang menaiki mobil Avanza kemudian menabrak petugas, dua orang petugas mengalami luka,” ujar Helfi.

Melihat tersangka melakukan perlawanan, petugas Polsek Patumbak kemudian melakukan tindakan tegas tembak di tempat ke arah mobil.

“Ditembak kendaraan, namun mengenai tersangka atas nama Rusli Lubis alias Loli, tepat di bagian kepala dan meninggal dunia,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com