Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deddy Mizwar: Jawa Barat Siaga Kekeringan

Kompas.com - 28/07/2015, 16:07 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com — Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menyatakan bahwa Jawa Barat dalam status siaga karena musim kemarau. Status siaga ini ditetapkan Pemerintah Provinsi Jabar beberapa waktu lalu hingga 1 Desember 2015.

"Sampai 1 Desember, siaga kekeringan," ujar Deddy di Bandung, Selasa (28/7/2015).

Dia menjelaskan, kekeringan ini mengancam 60.000 hektar sawah. Perikanan juga akan menjadi sektor yang terancam ketika kekeringan tiba.

"Tapi, jumlah teknisnya saya tidak tahu. Bagaimana ikan gak ada air, mampus semua," ungkapnya.

Bahkan, di beberapa kabupaten, warga sudah bermasalah dengan ketersediaan air minum. Itu terlihat dari sejumlah tangki yang membantu persediaan air bersih untuk warga. Yang berbahaya jika titik-titik sumber air seperti Kabupaten Bandung kekeringan.

"Hulu Citarum di sana, sumber air juga di sana. Jika kering, bagaimana daerah lain?" ujarnya.

Karena itu, beberapa waktu lalu, Deddy mengaku telah berdialog dengan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan untuk mewacanakan pembelian mata air yang dikuasai perorangan. Caranya ialah dengan membeli tanah tersebut, lalu sumber air dikelola oleh pemerintah lewat perusahaan daerah.

"Nanti kita akan pipanisasi ke warga. Saat ini, akan didata dulu di mana mata airnya. Karena sebaiknya, air dikuasai pemerintah. Peraturannya ada, tidak boleh dimiliki swasta, apalagi asing," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com