Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Mudik di Pelabuhan Merak Lancar, Pemudik Diprediksi Ramai Malam

Kompas.com - 13/07/2015, 01:19 WIB

MERAK, KOMPAS.com - Arus mudik pejalan kaki dan pengendara yang hendak menuju Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak, Banten, berjalan lancar, meskipun terjadi peningkatan jumlah penumpang. Ini terlihat berdasarkan hasil pemantauan, Minggu (12/7/2015) malam.

Saat ini, jumlah pemudik yang menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, mengalami peningkatan. Bahkan, penumpang pejalan kaki terlihat memadati loket penjualan karcis penyeberangan. Selain itu, lima dermaga juga dipadati kendaraan pribadi untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Semua pemudik bisa diseberangkan dengan 27 kapal yang disediakan pada H-5 atau Minggu (12/7)," kata Bagian Humas PT ASDP Merak, Mario Sardadi Oetomo.

Menurut Mario, kelancaraan arus kendaraan tersebut sejak sore hingga malam ini karena petugas pengatur lalu lintas di lima dermaga bekerja keras untuk mengurai kepadatan. "Kami terus mengoptimalkan petugas pengatur lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan kendaraan," kata dia.

Ia mengatakan bahwa saat ini kondisi arus lalu lintas di Pelabuhan Merak, semua pengendara roda dua maupun roda empat bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Pihaknya memperkirakan lonjakan kendaraan terjadi Senin (13/7/2015) dini hari. Sebab, pemudik yang datang dari berbagai daerah di Pulau Jawa mereka memilih berangkat malam hari.

"Kami meminta petugas di lapangan bekerja keras untuk mengatasi antrean kendaraan maupun penumpukan penumpang," ujarnya.

Saat ini, kata dia, pemudik memilih berangkat penyeberangan ke Pulau Sumatera pada malam hari dengan alasan cuaca dingin dan keamanan. Sebab, jika berangkat malam, mereka bisa melanjutkan perjalanan pada siang hari.

Oleh karena itu, dini hari nanti Pelabuhan Merak terjadi penumpukan penumpang pejalan kaki dan antrean kendaraan. "Kami mengimbau pemudik sebaiknya berangkat siang hari untuk mengatasi antrean kendaraan," tuturnya.

Berdasarkan data dari PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, hingga H-6 jumlah penumpang kapal yang sudah diberangkatkan baru 79.706 orang yang terdiri atas 13.605 pejalan kaki dan 66.102 orang dalam kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com