Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggi Debu Vulkanik 1 Km, Bandara Blimbingsari Masih Ditutup

Kompas.com - 12/07/2015, 15:39 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Bandara Blimbingsari Banyuwangi kembali ditutup, Minggu (12/7/2015), akibat dampak erupsi Gunung Raung yang berlangsung sepekan terakhir ini.

Kepala Bandara Blimbingsari Sigit Widodo mengatakan, penutupan ini dimulai pada pukul 07.00 hingga 12.00, tetapi diperpanjang lagi hingga pukul 16.00 WIB.

"Dari pantauan kami di landasan pacu abu vulkanik hampir tidak ada. Sangat tipis. Tapi anginnya cukup kencang. Penutupan bandara dilakukan untuk keselamatan penerbangan. Hari ini ada tiga penerbangan yang cancelled dari maskapai Garuda dan maskapai Wings," jelasnya.

Sementara itu di tempat terpisah Hendra Gunawan, Kasubid Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api wilayah Barat PVMBG di pos pengamatan Gunung Api Raung di Kecamatan Songgon, mengatakan saat ini asap tebal yang keluar dari Gunung Raung sudah mencapai 1 kilometer dan mengarah ke arah Selatan Tenggara.

"Untuk tremornya rata rata 28 dan sudah cenderung menurun walaupun masih fluktuatif. Untuk angin berembus ke arah selatan tenggara dan berdampak pada penerbangan di Blimbingsari Banyuwangi karena setelah di atas kita tidak pernah tahu arah angin karena hari ini angin berhembus cukup kencang," jelas Hendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com