Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Batal Terbang karena Gunung Raung, Penumpang Pilih Jalur Darat

Kompas.com - 10/07/2015, 14:25 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SIDOARJO, KOMPAS.com — Puluhan jadwal penerbangan tujuan Bali, Mataram, Jember, dan Banyuwangi dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya, dibatalkan akibat peningkatan aktivitas Gunung Raung, Jumat (10/7/2015). Sebagian penumpang beralih memilih jalur darat dengan bus atau mobil travel

Menurut informasi yang dihimpun dari pusat informasi Bandara Internasional Juanda, sejak pagi tadi sudah ada beberapa jadwal penerbangan yang dibatalkan dari pukul 05.30 WIB hingga pukul 07.00 WIB, antara lain oleh Citilink, AirAsia, dan Lion Air, dengan nomor penerbangan antara lain JT642, QG650, QG664, QZ7628, IN9276, dan JT962.

"(Pembatalan penerbangan dengan) Maskapai Lion terus bertambah. Kami belum dapat pastikan jumlahnya," kata Surya, salah satu petugas informasi.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, tidak semua calon penumpang pesawat terbang menumpuk di terminal keberangkatan. Sebagian dari mereka ada yang mendapat layanan penginapan di hotel sekitar bandara. Sebagian lagi memilih meminta uang pembelian tiket, dan memilih menggunakan moda lain untuk menuju ke tempat tujuan. 

"Saya pilih naik bus saja lebih aman. Keluarga saya juga sarankan naik bus," kata Rosita, penumpang tujuan Denpasar. 

Penutupan sejumlah bandara di timur Indonesia itu dilakukan karena abu vulkanik yang disemburkan Gunung Raung tertiup angin ke arah timur sehingga mengganggu aktivitas penerbangan. (K15-11)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com