Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pacman: Terima Kasih Indonesia, Tolong Sampaikan kepada Presiden

Kompas.com - 08/07/2015, 16:18 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com — Penundaan eksekusi hukuman mati salah satu warga negara Filipina, Mary Jane Veloso, mendapat apresiasi dari tokoh Filipina, Manny Pacquiao. Petinju dunia asal Filipina itu ingin mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Indonesia dan Presiden Joko Widodo.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Indonesia," kata pria yang dipanggil Pacman ini di Semarang, Rabu (8/7/2015).

Pacman mengatakan, penundaan eksekusi Mary Jane dalam gelombang tahap II pada April 2015 lalu berimplikasi terhadap banyak hal, terutama kelangsungan hubungan dua negara. Untuk itu, jika dia diberi kesempatan bertemu Presiden Jokowi, dia akan mengucapkan terima kasih.

Titip pesan

Saat shooting atau pengambilan gambar di Semarang, Pacman sempat bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sedang melakukan kunjungan kerja di pabrik jamu Sido Muncul di Kabupaten Semarang (baca: Petinju Manny Pacquiao "Shooting" Iklan Jamu di Semarang).

Semula, keduanya tidak dijadwalkan bertemu. Namun, karena kebetulan berada dalam satu lokasi pabrik, Pacman dan Ganjar akhirnya bertemu.

Ganjar menyempatkan diri menemui sang petinju. Mereka lantas berbincang-bincang sejenak. Perbincangan keduanya kurang lebih berjalan lima menit sebelum diakhiri dengan foto bersama.

Dalam kesempatan itu pula, Pacman menitipkan pesan terima kasih untuk disampaikan kepada Jokowi atas penundaan eksekusi mati Mary Jane.

"Terima kasih untuk Indonesia, sampaikan ke Presiden," tambah Pacman.

Eksekusi Mary Jane ditunda karena masih ada proses hukum yang berjalan di negaranya. Mary Jane masih dibutuhkan oleh pengadilan setempat untuk memberikan keterangan. Mary Jane sebelumnya divonis mati karena terbukti menyelundupkan heroin seberat 2,6 kg ke wilayah pabean Indonesia melalui Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, tahun 2011.

Baca juga: Pertama ke Indonesia, Pacman Terkesan dengan Keramahan Warga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com