Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel-hotel di Solo Kebanjiran Pesanan dari Tamu Jokowi

Kompas.com - 05/06/2015, 13:05 WIB


SOLO, KOMPAS.com - Hotel-hotel di Solo kebanjiran pesanan kamar dari para tamu yang akan menghadiri resepsi pernikahan anak sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda pada 11 Juni 2015.

Pejabat Hubungan Masyarakat Lorin Solo Hotel, Danik Medikawati mengatakan, semua kamar hotelnya sudah dipesan. Tamu memesan kamar sebelum sampai pada hari pernikahan.

"Dari jauh hari kamar kami sudah banyak dipesan dari tamu Pak Jokowi. Kebanyakan dari kementerian. Mereka pesan 10 hingga 20 kamar. Ada yang pesan untuk digunakan mulai tanggal 6 Juni. Tapi yang paling ramai tanggal 9, 10 dan 11. Untuk tanggal itu kamar kami sudah habis," katanya di Solo, Jumat (5/6/2015), seperti dikutip Antara.

Menurut dia, pihaknya memperbaiki fasilitas di dalam maupun luar kamar untuk menyambut para tamu serta meningkatkan pengamanan internal hotel.

"Menu-menu tradisional khas Solo juga kami sajikan di restoran dan Kampung Ikan," ucapnya.

The Sunan Hotel Solo juga menyiapkan kamar-kamar mereka yang akan ditempati oleh tokoh-tokoh nasional dan politikus. Manajer Humas The Sunan Hotel Solo Retno Wulandari mengatakan, pihaknya menyiapkan berbagai menu makanan dan hiburan tradisional khas Solo.

"Kami akan menyambut para tamu dengan suguhan khas Solo. Karena para tamu nanti kan kebanyakan dari luar kota. Jadi saat singgah di kota ini, mereka pasti mencari sesuatu yang khas dari Solo," katanya.

Retno mengatakan, tamu-tamu penting banyak yang memilih Sunan Hotel Solo karena lokasinya dekat dengan tempat resepsi pernikahan.

"Selain menu reguler, kami juga akan siapkan menu tambahan berupa angkringan atau Hik, wedangan khas Solo, seperti nasi kucing, wedang jahe dan lain-lain. Ada juga serabi Solo dan musik tradisional siteran. Jadi sambil menikmati makanan, para tamu juga bisa mendengarkan lagu-lagu tradisional," katanya.

Hotel juga menyediakan oleh-oleh khas khas Solo berupa onde-onde sembilan rasa.

Mendekati hajatan besar Presiden Jokowi, menurut Retno, sudah tidak ada sisa kamar lagi di hotelnya.

"Semua kamar sudah habis dipesan untuk tanggal 9, 10 dan 11 Juni dan sembilan puluh persen pemesan kamar di hotenya merupakan tamu pernikahan Gibran-Selvi. Sedangkan sisanya merupakan wisatawan biasa," katanya.

Fave Hotel di Jalan Adi Sucipto juga kebanjiran pesanan. "Tanggal 10, 11, 12 kamar kami sudah penuh. Sebagian besar memang tamu pernikahan mantu Pak Jokowi," kata Dhian Vita Mayasari, pejabat Humas Fave Hotel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com