Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pura-pura Jadi Pelanggan, Pelajar SMK Curi Monitor Komputer di Warnet

Kompas.com - 26/05/2015, 03:28 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Samsudin, seorang pelajar SMK Negeri 2 Kota Pematangsiantar tertangkap basah mencuri di sebuah warung internet di Jalan Justin Sihombing, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur, Pematangsiantar, Sumatera Utara, Senin (25/5/2015). Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 07.00 WIB.

Menurut keterangan penjaga warnet, Sades Munthe (22), mulanya Samsudin datang ke warnet tempatnya bekerja sekitar pukul 06.00 WIB. Samsudin, melakukan aksinya dengan cara mencopot monitor salah satu komputer. Kemudian dia membawa monitor tersebut dari belakang warnet. Lantaran melihat pintu belakang terkunci, akhirnya dia keluarkan monitor melalui jendela belakang.

Setelah berhasil menyembunyikan monitor tersebut, pelaku kembali masuk ke dalam warnet. Setelah itu dia keluar dari pintu depan sembari permisi usai membayar tagihan.

Awalnya kata Sades,dia tak menaruh curiga. Namun alangkah terkejutnya dia saat melihat monitor komputer telah hilang.

"Aku curiga kepada pelaku. Kecurigaanku semakin bertambah, saat melihat jendela belakang terbuka, padahal jendela tersebut awalnya terkunci rapat," kata Sades.

Bersama seorang rekannya bernama Jack Nasution (23), Sades pun melakukan pengintaian dari celah jendela. Mereka melihat Samsudin memanjat tembok belakang ruko untuk mengambil monitor tersebut. Saat itu juga pelaku ditangkap usai menurunkan monitor komputer.

"Kejadian baru aku ketahui setelah tak berapa lama dia keluar dari warnet. Sewaktu aku mau membersihkan komputer, kulihat monitor sudah hilang. Aku curiga, jendela belakang terbuka, padahal jendela itu terkunci. Bersama teman kami melakukan pengintaian dan Samsudin ini terlihat memanjat tembok belakang untuk mengambil monitor yang tadinya dia sembunyikan di balik tumpukan kayu. Saat itulah kami berdua langsung menangkap basah dia," jelas Sades.

Setelah menangkap Samsudin, Sades menelpon petugas Polsek Siantar Timur. Polisi kemudian menggelandang pelaku berikut barang bukti ke Mapolsek Siantar Timur untuk diperiksa.

Jack Nasution, warga Jalan Sangnaualuh, Kelurahan Merdeka, Kecamatan Siantar Timur mengatakan, pelaku sudah pernah melakukan pencurian di warnet tersebut. Namun aksi pertamanya dimaafkan pemilik warnet. Namun aksi keduanya ini, pelaku harus berurusan dengan polisi.

"Bukan cuma kali ini saja dia berbuat begini. Sudah dua kali. Pertama kali dia mencuri ada sekitar beberapa bulan lalu. Yang ia curi CPU. Lantaran pemilik warnet kasihan dia tidak dilaporlan polisi. Tapi sekarang dia berulah lagi," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com