Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pengangkut Ratusan Sapi Terbakar karena Percikan Api SOS Jatuh ke Kapal

Kompas.com - 15/05/2015, 15:35 WIB
Kontributor Kupang, Sigiranus Marutho Bere

Penulis


KUPANG, KOMPAS.com
-  Kapal hewan bernama Asia Raya yang mengangkut 625 ekor sapi (sebelumnya disebutkan 600 ekor sapi) terbakar di dekat Dermaga Pulau Semau, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Polisi menyatakan, penyebab utama kebakaran kapal itu adalah akibat pijaran api peluru senjata SOS yang ditembakkan oleh anak buah kapal (ABK) sebagai upaya meminta bantuan.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT), Ajun Komisaris Besar Polisi Agus Santosa, Jumat (15/5/2015).

“Kapal hewan Asia Raya itu sedang berlayar dari Pelabuhan Kupang menuju Samarinda, Kalimantan Timur. Sesampai di tempat kejadian perkara di dekat Dermaga Pulau Semau, Kabupaten Kupang, salah satu ABK kapal teriak bahwa kapal mengalami kebocoran dan ketika ABK meminta bantuan melalui radio, ternyata radio mengalami kerusakan sehingga salah satu ABK mengeluarkan tembakan SOS peringatan tanda bahaya untuk meminta bantuan," ungkap Santosa.

"Akan tetapi, SOS tersebut jatuh tepat berada pada tumpukan jerami (rumput kering) yang digunakan untuk bahan makanan sapi tersebut sehingga mulai terbakar,” tambahnya.

Akibat kebakaran itu, lanjutnya, sebanyak 200 ekor sapi dari total 624 ekor sapi yang berada di dalam kapal hangus terbakar, sementara itu salah satu ABK sempat meloncat ke laut dan belum ditemukan hingga kini. Korban diketahui bernama Yosep Haki (45), warga Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Saat ini, bangkai kapal telah ditarik dengan menggunakan kapal tandu Anoman 1 dan kapal tandu Bima VI menuju Pelabuhan Tenau Kupang.

Sebelumnya diberitakan, kapal hewan bernama Asia Raya yang mengangkut 600 ekor sapi terbakar di dekat Dermaga Pulau Semau, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Satu orang ABK dilaporkan hilang (baca juga: Kapal Barang Bermuatan 600 Ekor Sapi Terbakar, 1 ABK Hilang).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com