Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKB Galang Kekuatan untuk Hadang Risma di Pilkada Surabaya

Kompas.com - 10/05/2015, 05:04 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com- DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Surabaya menyatakan siap menjadi pelopor koalisi partai untuk menghadang petahana Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Pernyataan PKB ini diucap setelah adanya kepastian Risma telah mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Wali Kota Surabaya melalui PDI-P.

"Kami berencana merapatkan barisan dengan partai-partai terkait hal ini. Lihat saja hasil pertemuannya nanti," kata Ketua DPC PKB Kota Surabaya Syamsul Arifin kepada Antara di Surabaya, Sabtu (9/5/2015).

Saat ditanya partai mana saja yang akan diajak koalisi, Syamsul enggan mengatakan. "Yang pasti, partai yang tidak mengusung Rismaharini," kata Syamsul.

Saat ditanya, bagaimana dengan koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang ada di pusat akan berlaku di tingkat bawah, Syamsul mengatakan bahwa itu tidak benar. Bahkan, adanya kabar arahan dari DPP PKB agar mendukung calon yang diusung PDI-P, juga dibantah Syamsul.

"Kata siapa? berdasar masukan dari pimpinan anak cabang (PAC) PKB se-Surabaya beberapa waktu yang lalu, agar PKB sebagai pengusung, bukan pendukung," kata dia.

Ketua DPD PDI-P Jatim, Kusnadi sebelumnya mengatakan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota Surabaya melalui DPP PDI-P.

"Bu Risma mendaftar melalui DPP lima hari lalu. Saat ini, berkas pendaftarannya dikirimkan DPP PDI-P ke DPD PDI-P Jatim," ujarnya.

Untuk Pilkada Surabaya, lanjut dia, saat ini ada dua calon yang sudah mendaftarkan diri, yakni Tri Rismaharini yang mendaftarkan diri melalui DPP, kemudian Wisnu Sakti Buana yang mendaftarkan diri melalui DPC PDI-P Kota Surabaya.

Selain itu, DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memberi garansi kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini selama dua periode untuk diusung kembali dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat, Desember 2015.

"Ibu Rismaharini termasuk satu di antara lima kepala daerah petahana di Jawa Timur yang sesuai keinginan partai dan dinilai mampu melaksanakan tugas kerakyatannya," ujar Sekretaris Jenderal DPP PDI-P Hasto Kristiyanto, di sela tes uji kelayakan calon kepala daerah di Kantor DPD PDI-P Jatim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com