Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras, Ruas Jalan di Magelang Ambles Sedalam 70 Cm

Kompas.com - 04/05/2015, 09:06 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com — Ruas jalan penghubung antara Kecamatan Tempuran dan Salaman, Magelang, Jawa Tengah, ambles. Hal ini akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Magelang beberapa hari terakhir.

Akses jalan di lokasi ambles pun ditutup. Berdasarkan pantauan di lokasi, jalan aspal yang masuk ke wilayah Dusun Tanggulboyo, Desa Tanggulrejo, Kecamatan Tempuran, itu ambles dengan kedalaman sekitar 70 sentimeter dan panjang sekitar 40 meter. Warga kemudian memasang tanda berupa ranting pohon agar warga tidak melintas.

Kepala Desa Tanggulrejo, Kusriyanta, mengungkapkan, jalan ambles terjadi sejak Sabtu lalu sekitar pukul 05.00 WIB. Beruntung, saat ambles tidak ada warga yang sedang melintas sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

"Jalan ini memang sebelumnya sudah retak-retak sedalam sekitar 15 sentimeter. Sudah sempat kita laporkan ke Dinas Pekerjaan Umum, Energi, Sumber Daya Mineral (DPUESDM), tapi tidak ada tindak lanjutnya," kata Kusriyanta, Minggu (3/5/2015).

Setelah ambles, warga tidak bisa melawati jalan antar-dusun itu. Warga terpaksa harus memutar melalui jalan lain di Dusun Balong, Desa Tanggulrejo, yang jaraknya lebih jauh sekitar satu kilometer untuk bisa melakukan aktivitas sehari- hari.

"Biasanya warga hanya menempuh jarak sekitar 150 meter saja untuk sampai tujuan, sekarang harus memutar lewat jalan lain," imbuh dia.

Sejauh ini, kata dia, Pemkab Magelang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan DPUESDM telah melakukan tinjauan ke lokasi. Dia pun berharap agar tinjauan itu bisa segera ditindaklanjuti dengan perbaikan.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang Kedaruratan Bencana dan Logistik BPBD Kabupaten Magelang Joko Sudibyo mengatakan, tim TRC sudah melakukan survei ke lokasi. Pihaknya pun telah melakukan koordinasi dengan DPUESDM terkait tindak lanjut yang akan dilaksanakan.

"Kemarin sudah kita survei, termasuk koordinasi dengan instansi terkait. Karena jalur tersebut merupakan poros desa, sehingga perlu dikoordinasikan dengan desa dan kecamatan setempat. Hari ini (Senin) kita akan lakukan pertemuan," kata Joko.

Selain membuat jalan ambles, hujan deras juga mengakibatkan tebing longsor hingga menimpa rumah Asmui, warga Dusun Jrenggeng II,  Tanggulrejo, Tempuran. Longsor dengan tinggi tiga meter dan lebar empat meter itu sempat menutup jalan dusun dan menghantam tembok rumah milik Asmui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com