Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"May Day", Soekarwo Diberi Hadiah Batu Akik oleh Buruh

Kompas.com - 01/05/2015, 17:47 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Buruh tidak saja meminta hadiah spesial saat peringatan May Day, Jumat (1/5/2015). Mereka juga memberi hadiah spesial kepada kepada Gubernur Jawa Timur Soekarwo berupa batu akik.

Hadiah akik juga diberikan kepada Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Anas Yusuf dan Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Eko Wiratmoko.

Hadiah itu diberikan perwakilan buruh saat mereka menyampaikan tuntutan di kantor Gubernur Jawa Timur di Jalan Pahlawan Surabaya.

"Pemberian hadiah batu akik itu sebagai simbol bahwa buruh bersama pemerintah sama-sama berjuang untuk membuat hidup rakyat Jatim lebih sejahtera," kata Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jawa Timur, Sunandar.

Untuk Soekarwo, jenis batu akik yang dihadiahkan adalah Relaxa asal Ternate. Sementara untuk Anas Yusuf, cincin batu akik jenis Kalimaya Lumut asal Pangandaran, Jawa Barat.

Sedangkan Pangdam mendapatkan cicin batu akik jenis Army Bacan asal Watampone, Sulawesi Selatan.

Dalam aksinya, ribuan buruh yang berasal dari kawasan ring I industri Jatim, seperti Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo, Gresik, dan Surabaya, itu mengajukan 18 tuntutan. Di antaranya, mereka meminta dihapuskan sistem kerja outsourcing, mendesak pemerintah membubarkan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI), dan meringankan iuran BPJS untuk buruh.

Soekarwo menerima semua tuntutan buruh itu dan berupaya untuk memfasilitasinya, termasuk menerima usulan pembuatan peraturan daerah Jatim tentang kesejahteraan pekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com