Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi HUT RMS Polisi Kerahkan 300 Personel

Kompas.com - 24/04/2015, 16:38 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak 300 personel Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease mulai dikerahkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang dapat saja terjadi menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Maluku Selatan (RMS) yang jatuh pada setiap tanggal 25 April.

Kepala Polres Pulau Ambon AKBP Komauz Zaman kepada wartawan, Jumat (24/4/2015) mengatakan, guna mencegah adanya pergerakan aktivis RMS di Ambon, polisi menggelar operasi dengan sandi "Merah Putih Siwalima".

Dalam operasi itu, sebanyak 300 personel polisi akan dikerahkan. “Jumlah personel yang kita kerahkan dalam operasi 'Merah Putih Siwalima' sebanyak 300 personel,” ungkap dia.

Komauz mengungkapkan, ratusan personel polisi tesebut nantinya juga akan disokong oleh aparat TNI untuk memantau sejumlah titik yang dianggap rawan, ”Jadi sesuai data ada sebanyak 14 titik yang akan dipantau dan personel sudah mulai disebar di titik-titik tersebut,” ujarn dia lagi.

Dia menegaskan, polisi tidak segan-segan akan mengambil langkah tegas jika ada pihak-pihak yang ingin merayakan HUT RMS termasuk mengibarkan bendera RMS. Dia pun meminta masyarakat Kota Ambon dapat menjaga lingkungan, dan jika menemukan hal-hal yang mencurigakan, bisa secepatnya melapor kepada aparat berwenang.

“Jangan lagi ada kibar-kibaran bendera RMS atau dalam bentuk apapun yang sifatnya dapat memprovokasi dan merusak situasi yang sudah baik ini, karena itu kami minta warga dapat memberikan informasi jika elihat sesuatu yang mencurigakan,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com