Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapat Konsolidasi Golkar Papua Nyatakan Dukung Kubu Agung Laksono

Kompas.com - 17/04/2015, 03:44 WIB
Kontributor Jayapura, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com – Rapat Konsolidasi Partai Golkar Provinsi Papua yang berlangsung di Kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Provinsi Papua di Jayapura, Kamis (16/4/2015) melahirkan kesepakatan mendukung kepemimpinan Agung Laksono sebagai ketua umum Partai Golkar. Rapat yang digagas pelaksana tugas Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Papua versi Munas Ancol, Paskalis Kossay mengatakan, pertemuan tersebut dihadiri perwakilan dari 22 DPD Tingkat II dan perwakilan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Partai Golkar di Papua.

“Ada beberapa utusan DPD Tingkat II yang tak bisa hadir karena terkendala transportasi, khususnya yang berada di wilayah selatan Papua. Ada juga yang berhalangan hadir karena ada kepentingan mendesak. Kami senang pertemuan ini berjalan lancar dan tanpa gangguan yang menunjukkan Partai Golkar di Papua masih solid,” ucap Paskalis Kossay yang ditemui usai pertemuan di Kantor DPD Partai Golkar di Jayapura, Kamis (16/4/2015) malam.

Dari pantauan Kompas.com, rapat konsolidasi yang digagas pengurus DPD Partai Golkar Provinsi Papua dari Kubu Agung Laksono sempat diragukan terlaksana. Sebab, ada ancaman pembubaran dari massa pengurus DPD kubu Aburizal Bakrie.

Selain itu, pihak Kepolisian Resor Kota Jayapura tak memberikan izin keramaian karena kegiatan tersebut berpotensi menimbulkan konflik. Namun, Paskalis mengatakan bahwa izin itu sudah diselesaikan sebelum pelaksanaan acara di Mapolda Papua.

“Untuk laporan polisi sudah kami selesaikan di Mapolda Papua. Sementara masalah perizinan tak perlu, karena berlangsung di kantor partai dan bukan di tempat umum yang melibatkan massa. Untuk ancaman pembubaran adalah hal biasa dalam politik dan pasti hanya dilakukan oleh segelintir orang,” ujar Paskalis.

Selama berlangsungnya rapat konsolidasi Partai Golkar yang dimulai pukul 17.00 hingga pukul 22.00 WIT, di halaman gedung berlantai 3 di Jalan Percetakan Negara Jayapura, terlihat belasan aparat kepolisian dari Polresta Jayapura yang berjaga-jaga. Dengan terlaksananya rapat konsolidasi DPD Partai Golkar Papua, menurut Paskalis akan mempercepat DPD Partai Golkar Papua merespon agenda politik pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung di 11 Kabupaten di Papua.

Paskalis berharap, deklarasi dukungan dari DPD tingkat I dan II, serta Ormas Partai Golkar di Provinsi Papua untuk kepemimpinan Agung Laksono dapat diikuti oleh pengurus Partai Golkar di provinsi lain.

“Dukungan ini yang pertama diberikan dari DPD tingkat I dan II dari Provinsi di Indonesia. Kami berharap akan diikuti oleh DPD Partai Golkar di provinsi lain agar polemik kepemimpinan Partai Golkar cepat selesai dan Partai Golkar bisa kembali solid,” ujar Paskalis.

Rencananya menurut Paskalis, selaku koordinator wilayah Papua dan Papua Barat yang ditunjuk oleh DPP Partai Golkar pimpinan Agung Laksono, akan mengadakan kegiatan yang sama di Papua Barat dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com