Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan ABK Asing Dipulangkan dari Kepulauan Aru Maluku

Kompas.com - 04/04/2015, 10:58 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Sebanyak 319 anak buah kapal (ABK) asing berbagai negara yang selama ini berada di Benjina, Kepulauan Aru, Maluku, mulai dipulangkan Sabtu (4/4/2015). Proses pemulangan ratusan ABK asing ini menggunakan Kapal Hiu Macan dan KRI Rengat 711 milik TNI AL.

Proses pemulangan ratusan ABK asing ini dilakukan langsung Ditjen Pengawasan Sumber daya Kelautan dan Perikanan (PSPKP) Kementrian Kelautan dan Perikanan.

Kepala Stasiun PSPKP Tual Mukhtar mengatakan pemulangan ratusan ABK asing dari Benjina berjalan lancar.

"Ratusan ABK asing itu telah dipulangkan dari Benjina mungkin Minggu besok sekitar pukul 16.00 mereka sudah tiba di Tual," kata Mukhtar saat dihubungi dari Ambon.

Dia merinci, dari 319 ABK asing yang dipulangkan itu, sebanyak 253 ABK berasal dari Myanmar, 58 ABK dari Kamboja, dan delapan ABK dari Laos. "Yang paling banyak itu ABK dari Myanmar," kata dia.

Setibanya di Tual, PSPKP akan berkoordinasi dengan pihak Keimigrasian untuk proses pemulangan ratusan ABK asing itu ke Negara asalnya.

"Jadi kita tugasnya hanya memulangkan mereka dari Benjina nanti soal pemulangan mereka ke negara asalnya itu dilakukan pihak Imigrasi," kata Mukhtar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com