Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kronologi Runtuhnya Bangunan di Mal Sun Plaza Medan

Kompas.com - 31/03/2015, 01:59 WIB
MEDAN, KOMPAS.com- Serpihan kaca dan debu sisa reruntuhan bangunan terlihat berserakan di lantai tiga dan dua mal Sun Plaza, Jalan KH Zainul Arifin, Senin (30/3). Reruntuhan itu akibat runtuhnya bagian konstruksi eskalator bioskop yang ada di lantai empat tepatnya di dalam bioskop yang sedang dalam renovasi. Kejutan itu membuat pengunjung panik dan berhamburan keluar gedung.

Kejadian itu terjadi sekitar pukul 15.00 Wib saat sedang dalam beraktivitas. Sejumlah pengunjung yang mendengar runtuhnya gedung tersebut langsung berhamburan keluar gedung. Beberapa outlet yang terkena reruntuhan terlihat berserakan.

Tika seorang pegawai Sun Plaza mengatakan runtuhnya tepat di sekitar celah tepi eskalator dari lantai 4 hingga Low Ground (LG). Suaranya menggelegar dan debu pun memenuhi bangunan di bagian belakang.

"Kejadiannya sekitar jam 15.00 WIB lah bang. Suaranya keras dan lama, kami kira tadi gempa juga. Debunya sampai ke mana-mana," ujarnya. (Baca: Lantai 4 Sun Plaza di Medan Ambruk)

Tidak ada laporan korban jiwa akibat kejadian itu. Namun sejumlah kerusakan terjadi di setiap lantai. Beberapa pembatas kaca dekat eskalator pun berpecahan.

"Gak ada yang tewas bang. Pas lagi gak ada orang di eskalator tadi, padahal biasanya ramai," kata Susi, seorang penjaga toko pakaian.

Sementara, Marketing Komunikasi Sun Plaza, Elvira saat dikonfirmasi mengatakan, yang runtuh itu adalah konstruksi untuk membangun eskalator ke bioskop di lantai 4.

"Nanti kita kasih keterangan ya. Polisi masih menyelidiki penyebabnya apa. Kalau korban kita belum bisa kasih tau soalnya masih dalam penyelidikan juga," ujarnya bergegas meninggalkan awak media.

Pantauan di lokasi, sejumlah petugas tengah membersihkan sisa-sisa reruntuhan dan pecahan kaca. Lokasi di setiap lantai pun dipasangi garis pembatas. Petugas Polsek Medan Baru yang mendapat informasi langsung turun ke lokasi dan menjumpai pihak manajemen Sun Plaza.

Kanit Reskrim Polsek Medan Baru, IPTU Oscar S Setjo mengatakan tidak ada korban atas kejadian itu. "Gak ada korban jiwa, tapi masih kita selidiki lagi apa penyebab runtuhnya bangunan itu," katanya. (Ilham Fazrir Harahap)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com