Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi "Wong Solo Siap Pulangkan Jokowi" Digelar

Kompas.com - 27/03/2015, 13:41 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com - Mahasiswa di Kota Solo, Jumat (27/3/2015), turun ke jalan menuntut Presiden Joko Widodo menepati janji kampanye . Aksi tersebut mengkritisi belum terwujudnya janji politik Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla hingga hari ke-159 masa pemerintahan Kabinet Kerja.

Aksi digelar di Tugu Kertasura, pertigaan Kartasura yang merupakan jalur padat menuju Yogyakarta, Semarang dan Solo. Hasilnya, muncul kemacetan di lokasi demo tersebut. Aksi dilakukan gabungan BEM mahasiswa Institut Agama Islam Surakarta.

Dalam orasinya mahasiswa menuntut Jokowi segera mengembalikan kebijakan subsidi terkait harga bahan bakar minyak (BBM). "Kita desak Jokowi untuk merealisasikan janji janjinya semasa kampanye dulu. Segera cabut kebijakan harga BBM berdasarkan mekanisme pasar dan kembalikan ke subsidi rakyat," kata Yulianto Adi Pamungkas, salah satu koordinator aksi.

Selain itu, mahasiswa juga mendesak Pemerintah menolak remisi bagi para koruptor dan bandar narkoba. Mereka menilai, Jokowi terlalu banyak 'blusukan' dan seolah lupa dengan pekerjaannya. Kritik tersebut dituliskan mahasiswa di spanduk yang digelar saat aksi berlangsung.

"Pak Jokowi hanya 'blusukan' lali gawean," begitu tulisan yang diusung mahasiswa. Poster bernada sindiran pun terlihat dengan tulisan "Wong Solo Siap Pulangkan Jokowi".

Aksi selama kurang lebih satu jam tersebut mendapat pengawalan dari aparat kepolisian. Sebelumnya, mahasiswa melakukan longmarch dari kampus hingga pertigaan Kartasura. Kemacetam sempat terjadi karena saat aksi berlangsung lalu lintas di jalur tersebut padat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com