Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Minta Anis Baswedan Meneliti Fenomena Begal

Kompas.com - 27/02/2015, 22:11 WIB
Suhartono

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan untuk meneliti fenomena aksi begal yang kini marak dilakukan kelompok anak muda.
 
Selain untuk mengetahui akar penyebab dan solusi pencegah aksi begal, penelitian juga dilakukan agar bisa membantu aparat keamanan untuk mengatasinya.
 
"Saya baru saja kontak Pak Anies Baswedan untuk segera melakukan penelitian, apa penyebab serta jalan keluar mencegah dan mengatasi fenomena begal yang terjadi sekarang ini," ujar Wapres saat ditanya pers di rumah pribadinya di Jalan Haji Bau, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (27/2/2015) sore.
 
Menurut Wapres Kalla, dirinya terkejut dengan aksi tersebut di tengah-tengah persoalan bangsa.

"Saya menduga, sistem pendidikan karakter kita yang perlu dibenahi lagi di sekolah dan dalam pergaulan sehari-hari," tuturnya.
 
Kalla menambahkan, kebiasaan anak-anak melakukan kekerasan terhadap teman-temannya di sekolah kelihatannya menjadi kebiasaan yang harus dicegah.

"Saya sudah minta Pak Anies segera menyelesaikannya dan mencarikan solusinya. Intinya, fenomena begal tak boleh dibiarkan terjadi di mana-mana," harapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com