Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Dompu, Tiga Kelurahan Rusak Parah

Kompas.com - 02/02/2015, 10:29 WIB
Kontributor Mataram, Karnia Septia

Penulis


MATARAM, KOMPAS.com - Tiga kelurahan di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB) rusak parah akibat banjir yang merendam wilayah ini sejak Sabtu (31/1/2015). Beberapa rumah mengalami rusak parah dan rusak ringan.

Kepala Basarnas Mataram Nanang Sigit menyatakan, dari enam keluarahan yang terkena banjir di Kabupaten Dompu, tiga kelurahan di antaranya mengalami kondisi cukup parah.

"Ada tiga kelurahan yang rusaknya agak parah yaitu di Kelurahan Potu, Kelurahan Kari Jawa dan Kelurahan Kandai Dua," kata Nanang, Senin (2/2/2014).

Menurut Nanang, banjir yang melanda Dompu terjadi akibat hujan yang terus-menerus turun sejak siang hingga sore hari yang terjadi, Sabtu (31/1/2015). Akibat hujan tersebut, sekitar pukul 18.00 Wita, debit air di beberapa sungai di daerah ini semakin meluap dan merendam rumah-rumah warga.

Akibat banjir ini, beberapa warga di Kelurahan Poto sempat mengungsi ke wilayah yang lebih aman. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun beberapa rumah warga mengalami kerusakan akibat banjir.

"Belum bisa memastikan berapa jumlah rumah yang rusak akibat banjir yang belanda Dompu, sebab masih didata pemda setempat," kata Nanang.

Saat ini, banjir di Kabupaten Dompu sudah mulai surut. Warga yang mengungsi sudah mulai kembali untuk membersihkan rumah masing-masing. Selain melanda Kabupaten Dompu, lanjut Nanang, banjir juga melanda beberapa kelurahan di Kabupaten Bima yaitu Kelurahan Bolo, Kampung Sumbawa dan Sarae.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com