Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oknum TNI Terlibat Sindikat Curanmor, 15 Motor Disimpan di Markas Kompi

Kompas.com - 26/01/2015, 02:08 WIB
Kontributor Kompas TV, Alfian Kartono

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com – Kepolisian Resor Jayapura dibantu Kepolisian Resort Kota Jayapura berhasil membongkar jaringan sindikat pencurian kendaraan bermotor dan menangkap sepasang suami-istri yang menjadi penadah motor curian, Minggu (25/1/2015). Seorang oknum anggota TNI Angkatan Darat dari Batalyon Infanteri 756 ikut terlibat dalam sindikat ini, dan sudah diamankan POMDAM XVII Cenderawasih.

Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Pol Patrige Renwarin mengatakan, pembongkaran kasus sindikat pencurian motor ini berawal dari penangkapan sindikat curanmor di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (23/1/2015). Jangkauan sindikat ini dikenal luas, karena kerap beraksi di Kota Jayapura hingga Kabupaten Jayapura.

Setelah melalui pengembangan dan pemeriksaan terhadap pelaku curanmor, kata Patrige, kemudian dilakukan penangkapan terhadap pasangan suami-istri yang menjadi penadah motor curian di Kampung Sanggaria, Arso 1, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Minggu (25/1/2015).

“MA alias Paijo (25) dan I (23), pasangan suami istri yang beralamat di Arso 6, Blok E, Kabupaten Keerom diamankan di jembatan Kampung Sanggaria, Arso 1. Sekitar pukul 06.00 WIT,” jelas Patrige melalui telepon selulernya, Minggu.

Dari pemeriksaan terhadap keduanya, Patrige menjelaskan kalau mereka mengakui telah membeli dan menadah motor curian dari kelompok curanmor pimpinan Mario Walli dan Denis Cs.

“Dari pengakuan MA alias Paijo, motor curian yang dibelinya lalu dilimpahkan kepada oknum anggota TNI dari Kompi A Yonif 756 yang berinisial P dengan imbalan Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per-unit motor,” ucap Patrige.

Setelah berkoordinasi dengan Komandan Kompi A Batalyon Infanteri 756, diketahui terdapat 15 buah motor curian di Markas Kompi A. “Atas keterlibatannya, kasus yang melibatkan oknum TNI berinisial P itu kemudian diambil alih POMDAM XVII Cenderawasih,” jelas Patrige.

Dalam penangkapan pasangan suami istri penadah motor curian di Arso, Kabupaten Keerom turut diamankan 5 buah motor curian yang disembunyikan di rumah pelaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com