Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diserang Serangga, Posko Identifikasi Korban AirAsia Disemprot Insektisida

Kompas.com - 15/01/2015, 14:25 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Posko tempat identifikasi jenazah korban pesawat QZ8501 mulai dipenuhi serangga. Petugas Dinas Kesehatan pun akhirnya rutin membersihkan serangga jenis ulat bulu dan lalat itu dengan penyemprotan insektisida.

Ulat bulu yang menyebabkan gatal jika menempel di kulit itu berasal dari pohon sono, yang tumbuh di sekitar RS Bhayangkara. Ulat-ulat tersebut merambat ke dinding-dinding tenda posko, bahkan menempel pada seragam yang dikenakan anggota tim DVI.

"Kami sudah semprotkan insektisida agar tim tetap bekerja dengan nyaman," kata Kasi Pencegahan dan Pengamatan Penyakit dan Penanggulangan Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan Jawa Timur Gito Hartono, Kamis (15/1/2015).

Insektisida juga disemprotkan di sekitar kontainer pendingin tempat jenazah pesawat QZ8501 disimpan. "Di sekitar kontainer pendingin juga dipenuhi lalat, mungkin karena menimbulkan aroma yang menyengat," ujar dia.

Hingga hari ini, dari 48 jenazah korban AirAsia yang sudah dikirim ke RS Bhayangkara Polda Jatim, sudah 38 jenazah yang teridentifikasi dan sudah diserahkan kepada pihak keluarga. Sementara itu, 10 jenazah lainnya masih berada di dalam kontainer pendingin untuk kemudian dilakukan identifikasi oleh Tim DVI Polda Jatim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com