Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koma 16 Bulan, TKW yang Disiksa di Taiwan Meninggal

Kompas.com - 15/01/2015, 08:41 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com
- Sihatul Alfiyah (26), tenaga kerja wanita (TKW) asal Desa Plampangrejo, Kecamatan Cluring, yang koma selama 16 bulan, meninggal dunia pada Kamis (15/01/2015), sekitar pukul 04.30 WIB. Sebelumnya, perempuan yang mempunyai satu anak tersebut, koma sejak 22 September 2013 di Taiwan, karena disiksa oleh majikannya.

Sihatul berangkat ke Taiwan dan bekerja di peternakan sapi perah di Tainan City. Ia harus mengurus 300 ekor sapi perah seorang diri, mulai pukul 03.00 hingga pukul 22.00 waktu setempat.

Sihatul sempat dirawat di Chi Mei Medical Center di Liouying, Taiwan, lalu dipindahkan ke Panti Jompo di Min An Road Distrik Baihe Kota Tainan. Dari pemeriksaan kesehatan, sempat ditemukan luka benturan akibat benda tumpul di bagian kepala Sihatul.

Dokter Taufik, Direktur RSUD Blambangan, menjelaskan, keluarga Sihatul sebenarnya telah mengajukan surat permintaan agar pasien diperbolehkan pulang dan dirawat di rumah.

"Saya kira ini yang terbaik bagi pasien karena pihak keluarga sudah berkali-kali meminta agar pasien boleh dibawa pulang ke rumahnya. Permintaan diajukan melalui surat resmi yang ditandatangani pihak desa dan kecamatan" jelas dokter Taufik kepada Kompas.com, Kamis (15/01/2015).

Setelah 8 bulan koma di Taiwan, Sihatul dipulangkan ke Indonesia pada Selasa (6/5/2014) sekitar jam 17.00 waktu setempat, dan sampai di Bandara Juanda jam 23.00 WIB. Sihatul kemudian dirawat selama 9 bulan di ruang ICU RSUD Blambangan Banyuwangi hingga meninggal dunia pagi tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com