Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Hari Raya Nyepi, Desa Kertalangu Persiapkan Semarak Kreativitas Budaya

Kompas.com - 13/01/2015, 06:53 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR,KOMPAS.com - Desa Kesiman Kertalangu akan mengadakan semarak kreativitas budaya menjelang Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 21 Maret 2015 mendatang. Wali kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra pun menyambut baik kegiatan itu.

“Yang terpenting adalah melakukan promosi lebih awal. Jika itu terjadi maka tidak akan kesulitan melakukan kegiatan seperti ini dan yang tidak kalah pentingnya adalah harga terjangkau dan tempatnya selalu bersih dalam kuliner tersebut,” kata Rai Mantra saat menerima kunjungan panitia penyelenggara, Denpasar, Senin(12/2/2015).

Kepala Desa Kertalangu, Ida Bagus Bima Putra mengatakan, toleransi kehidupan masyarakat di Bali, khususnya di Denpasar, sudah berjalan dengan harmonis, serasi, aman, dan damai yang sudah berlangsung dari dahulu. Hal ini dianggapnya merupakan bukti bahwa agama adat istiadat yang dibingkai oleh seni budaya tidak bisa dipisahkan.

“Dengan keberadaan ini, banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Bali, dan Denpasar pada khususnya terus mengalami peningkatan dan menjadikan Pulau Dewata ini menjadi tujuan wisata terfavorit,” ujar Bima Putra.

Bima juga menyampaikan, Semarak Kreativitas Budaya Kesiman Kertalangu akan diselenggarakan pada 15-29 Maret 2015. Dalam kegiatan ini berisikan kreativitas ogoh-ogoh, pekenan tenten seperti layaknya kuliner pada ajang Denpasar Festival, pentas tabuh yang diikuti oleh Sekaa Gong Anak-anak dan Ibu-ibu PKK, ngelawang, Dharma Shanti, pentas seni anak-anak PAUD dan group band.

“Harapan kami adalah untuk memberdayakan ekonomi kerakyatan serta membangkitkan kembali seni budaya yang sudah lama tenggelam sehingga dapat mewujudkan dan mengajegkian seni budaya itu sendiri,” ujar Bima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com