Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK Akan Hadiri Peringatan 10 Tahun Aceh Pasca-Tsunami

Kompas.com - 17/12/2014, 10:01 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis


BANDA ACEH, KOMPAS.com
– Pemerintah Aceh akan menggelar refleksi renungan satu dekade peringatan bencana gempa dan tsunami Aceh. Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan memberi sambutan di depan 35 utusan negara sahabat, dan lembaga non pemerintahan internasional dalam kegiatan puncak refleksi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Fahlevi mengatakan, pihaknya sudah menerima konfirmasi kehadiran para duta besar dan NGO Internasional untuk menghadiri puncak refleksi peringatan 10 tahun Aceh pasca-tsunami.

"Momen ini juga dijadikan sebagai saat untuk Aceh mengatakan terimakasih kepada dunia yang telah membantu Aceh dari keterpuruakan pasca-bencana besar sepuluh tahun lalu,” ujar Reza, Rabu (17/12/2014).

Reza mengatakan, konsep peringatan satu dekade peringatan musibah gempa dan tsunami aceh mengusung tiga tema besar yaitu refleksi, apresiasi dan kebangkitan.

“Jadi saat ini tidak ada cerita sedih dan duka lagi tapi bagaimana kita menggambarkan kebangkitan masyarakat aceh dan kemudian dengan kebangkitan itu kita memberi apresiasi yang luar biasa kepada masyarakat dunia yang sudah membantu Aceh,” ungkap Reza.

Rangkaian kegiatan peringatan 10 tahun Aceh pasca tsunami dimulai pada 25 Desember 2014 mendatang dengan menggelar kegiatan Aceh Berzikir dan keesokan harinya dilanjutkan dengan berziarah ke makam massal, serta refleksi pasca-bencana.

Kegiatan penunjang lainnya adalah pameran kebencanaan dan fotografi, malam seni apresiasi Aceh dan kegiatan marathon 10 kilometer yang akan melewati rute melewati kawasan yang pernah dilalui gelombang tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com