Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Raya Galungan, Umat Hindu Padati Pura Agung di Denpasar

Kompas.com - 17/12/2014, 08:45 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis


DENPASAR, KOMPAS.com - Umat Hindu di Bali hari ini merayakan Hari Raya Galungan yang dimaknai dengan kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (kejahatan). Umat Hindu di Denpasar memadati Pura Agung Jagadnatha untuk ritual persembahyangaan meminta keselamatan dan kesejahteraan dalam menjalani hidup.
 
"Kita merayakan kemenangan kebaikan melawan kejahatan. Dengan bersihnya alam semesta dan diri kita sendiri maka kita melakukan yadnya atau korban suci atas anugrah beliau yang sudah memberikan kemenangan dharma, kedamaian bagi kita semua," kata Jero Mangku I Made Langgeng Buana, salah satu pemimpin sembahyang di Pura Agung Jagadnatha, Denpasar, Bali, Rabu (17/12/12014).
 
Pantauan Kompas.com, umat yang melakukan persembahyangan di pura menggunakan sarana canang atau aneka bunga di tempat yang terbuat dari janur dilengkapi dengan dupa wangi yang menyala. Sebagian juga membawa sesaji dari buah sebagai kelengkapan rasa syukur terhadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa.
 
"Persembahyangan bersama dilakukan tiga kali, pagi, siang dan sore hingga malam. Tapi bagi yang inin sembahyang sendiri-sendiri juga bisa datang diluar jam yang ditentukan untuk sembahyang bersama," tambahnya.
 
Bagi mereka yang selesai sembahyang, canang atau sarana persembahyangan khususnya bunga, wajib dibawa kembali untuk dibuang ketempat sampah agar tetap menjaga kebersihan pura dan memberikan kenyamanan bagi umat lain yang melakukan sembahyang secara bergantian. Imbauan ini terus disiarkan melalui pengeras suara agar umat tidak lupa. Sembahyang dilakukan secara bergantian dari pagi hingga malam hari.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com