Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota DPR Patungan Rp 250 Juta untuk Korban Bencana Longsor di Banjarnegara

Kompas.com - 15/12/2014, 16:04 WIB
Dani Prabowo

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- DPR berencana menyalurkan bantuan senilai Rp 250 juta kepada korban bencana longsor di Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Bantuan tersebut diperoleh dari patungan gaji anggota DPR.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, sejak DPR masih dipimpin Marzuki Alie periode 2009-2014, ada kebiasaan untuk mengalokasikan sejumlah gaji angota dan pimpinan Dewan untuk keperluan sumbangan. Sehingga, apabila ada bencana alam seperti saat ini, bantuan tersebut dapat segera disalurkan.

"Insya Allah saya besok mewakili untuk menyampaikan kepada Pemda dan masyarakat setempat apa yang bisa secara langsung dikumpulkan dari gaji anggota dan pimpinan. Sekali lagi ini bukan posnya APBN," kata Fahri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (15/12/2014).

Fahri menambahkan, bantuan yang natinya akan disalurkan tak hanya berbentuk uang, melainkan juga berupa kebutuhan bahan pokok dan obat-obatan. Rencananya, bantuan itu akan diserahkan pada Selasa (16/12/2014).

"Saya yang pimpin, paling lambat besok," katanya.

Petugas menemukan 39 jasad korban meninggal akibat longsor tersebut. Dari korban meninggal sebanyak itu, sampai Minggu (14/12) petang, 35 orang sudah teridentifikasi.

Korban yang sudah teridentifikasi tersebut, 18 orang di antaranya laki-laki, termasuk seorang anak, dan 17 korban lainnya perempuan. Petugas masih mencari 69 orang lainnya yang hilang akibat longsor yang terjadi Jumat (12/12) petang tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com