Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nikmati Malam di Kota Pelajar, 3 Siswa Diciduk gara-gara Minuman Oplosan

Kompas.com - 14/12/2014, 21:38 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Niat tiga pelajar SMA asal Wonosobo, Jawa Tengah, untuk menikmati malam di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta harus berakhir di kantor polisi. Ketiganya ditangkap aparat keamanan ketika sedang asyik nongkrong sambil minum minuman keras oplosan.

"Minggu malam petugas patroli melihat tiga remaja duduk di depan kantor KONI DIY. Saat didatangi mereka asik minum miras," ujar Kepala Polsek Gondomanan Komisaris Polisi Heru Muslimin, Minggu (14/12/2014).

Tiga remaja yang diamankan itu adalah Rdw (16), GI (16), dan AY (15). Mereka semua asal Wonosobo dan masih berstatus pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA). "Yang mereka minum miras oplosan jenis ciu dicampur minuman suplemen," kata Heru.

Dari pengakuan ketiganya, mereka ke Yogyakarta untuk mengisi hari Minggu dan menikmati malam di Kota Pelajar tersebut sambil minum miras.

Tak jauh dari lokasi kejadian, tepatnya di depan Gedung Agung, jajaran Polsek Gondomanan juga mengamankan dua orang warga Secang, Magelang, yakni Wah (23) dan Mar (22). Keduanya juga diamankan ketika menenggak minuman oplosan jenis ciu dicampur suplemen.

"Mereka yang diamankan langsung dibawa ke Polsek Gondomanan dan diberikan edukasi serta pembinaan," kata Heru.

Menurut Heru, selama ini kawasan Titik Nol Kilometer sering dijadikan lokasi untuk pesta miras. Untuk menekan jatuhnya korban dan peredaran miras, polisi melakukan razia di daerah-daerah yang sering dijadikan pesta miras sekaligus mencari penjualnya.

"Kalau dirazia terus kan para peminum itu merasa terusik dan tidak betah. Kalau tertangkap ya semoga pembinaan yang kita berikan soal bahaya miras bisa di indahkan," ujarnya.

Ia berharap pemerintah setempat dapat melakukan pengawasan terhadap peredaran miras oplosan. Sebab, sampai saat ini sudah banyak korban berjatuhan karena miras oplosan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com