Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marwan Jafar Janji Prioritaskan Korban Longsor Banjarnegara

Kompas.com - 14/12/2014, 18:24 WIB
Indra Akuntono

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberi perhatian serius pada korban bencana longsor yang melanda Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Kita berikan perhatian prioritas agar warga desa itu bisa kembali bergerak dan menjalankan aktivitas perekonomian,” kata Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, Marwan Jafar, Minggu (14/12/2014).

Marwan mengaku langsung memberikan instruksi dan membentuk tim untuk memantau situasi sesaat setelah longsor melanda desa tersebut. Tim yang dibentuk oleh Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi itu bertugas memantau semua kegiatan di lokasi longsor, termasuk memantau proses evakuasi dan proses distribusi bantuan pada para korban.

Marwan mengimbau agar masyarakat di daerah rawan longsor dapat berpindah ke lokasi yang lebih aman. Ia menyebut lokasi rawan longsor terdapat hampir di seluruh provinsi di Indonesia khususnya ketika masuk musim hujan seperti saat ini.

"Supaya jangan sampai desa yang sudah terisolir, semakin terpuruk hidupnya," ujarnya.

Berdasarkan data BNPB, sebanyak 35 rumah di Kecamatan Karangkobar rusak berat atau hilang, satu masjid hancur dan aliran sungai yang tertutup material longsor mencapai 1 kilo meter. Bencana longsor juga merusak sawah warga seluas 8 hektare, kebun palawija 5 hektare, sapi 5 ekor, kambing 30 ekor, ayam dan itik 500 ekor.

Dalam pencarian pada Minggu pagi hingga sore pukul 16.00 WIB, setidaknya sudah ada 14 orang yang ditemukan meninggal dunia. Jumlah tersebut berasal dari pangkalan data di Puskesmas Karangkobar.

Adapun 14 nama-nama korban yang meninggal adalah Burhan (30) warga Jemblung Rt 05/01, Mulyono (25) warga Jemblung Rt 05/01, Sulistiawantoro (21) warga Gemuruh yang juga satpam BRI Wanayasa, Salimah (40) warga Jemblung Rt 05/01 dan Uuut Sabar P (18) warga dusun Prendegan Rt 4/3 Desa Banjarmangu.

Sementara sembilan korban lain adalah Turseno, Maryamah, Marwoto, Sofan (18), Turipah (12), Karyoto, Ika Royani (24), Aji (14) dan Rebo Suharsono (51). Sebagian jenazah sudah diambil oleh keluarga untuk dimakamkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com