Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saat Diangkat dari Sungai, Ajaib, Bayinya Masih Hidup"

Kompas.com - 07/12/2014, 21:14 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis


BANYUWANGI, KOMPAS.com
 — Warga Lingkungan Penataban, Kecamatan Giri, Kabupaten Banyuwangi, gempar saat salah seorang warganya menemukan seorang bayi mengapung di aliran sungai selatan Polsek Giri Kabupaten Banyuwangi, Minggu (7/12/2014).

Bayi laki-laki itu ditemukan dalam keadaan hidup oleh Hadi Wiyono (50), warga sekitar, yang saat itu sedang buang air di sungai yang berada tepat di belakang rumahnya.

"Saya kira boneka dan saat saya dekati ternyata bayi dan masih ada tali pusarnya," kata Hadi.

Dia juga mengatakan, kedalaman sungai tersebut sekitar kurang dari 30 sentimeter.

"Saya langsung panggil warga dan saat diangkat bayinya masih hidup. Ajaib. Terus dirawat sama bidan sekitar sini sebelum dibawa ke rumah sakit Blambangan," tutur Hadi.

Sementara itu, Wiwit Indi, perawat di ruang Perinatologi RSUD, menjelaskan bahwa bayi tersebut diperkirakan baru lahir dengan bobor 2,4 kilogram dan panjang 47 sentimeter.

Saat dibawa ke rumah sakit, kondisinya memprihatinkan dengan luka lecet di bagian dagu.

"Saat dibawa memang kondisinya tubuhnya lemah dan biru karena kedinginan. Saat ini, kami masih melakukan perawatan khusus untuk bayi tersebut," tambahnya.

Saat dihubungi, Kapolsek Giri Iptu Mudjono membenarkan penemuan bayi laki-laki tersebut dan mengatakan bahwa polisi sedang melakukan pemeriksaan.

"Saat ini kami masih melakukan pemeriksaan terhadap saksi dan melakukan pengembangan untuk mengetahui warga sekitar yang mungkin selama ini diketahui hamil," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com