Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cuaca Buruk, Presiden Batal Pantau Lokasi Kebakaran Lahan di Riau

Kompas.com - 26/11/2014, 16:24 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membatalkan rencana peninjauan lokasi kebakaran lahan dengan helikopter di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, Rabu (26/11/2014).

Rombongan Presiden yang telah terbang dari Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, terpaksa berbalik arah di tengah perjalanan karena cuaca buruk.

Awalnya, seperti dikutip Antara, rute terbang Presiden Jokowi direncanakan akan melihat Taman Nasional Tesso Nilo, Cagar Biosfer Giam Siak Kecil-Bukit Batu dan singgah di Kepulauan Meranti.

Di Kepulauan Meranti, rencananya Presiden akan meninjau lokasi kebakaran lahan, kilang sagu, dan berdialog dengan warga setempat. Sedangkan, rute pulangnya akan melintasi Pulau Padang dan Danau Zamrud.

Setelah batal "blusukan" ke daerah rawan terjadi kebakaran lahan dan hutan, rombongan Presiden Jokowi dijadwalkan menjumpai masyarakat di Pasar Bawah, yaitu pasar wisata di Kota Pekanbaru.

Sebelumnya, Presiden selama beberapa hari terakhir melakukan "blusukan" disejumlah daerah di Sumatera. Fokus utama "blusukan" Presiden Jokowi di Riau adalah untuk mengatasi masalah kebakaran lahan dan hutan yang kerap menimbulkan bencana asap.

Presiden Jokowi sebelumnya diminta warga segera mengatasi masalah kabut asap di Riau karena pembakaran lahan dan hutan. Jika masalah asap yang selalu berulang hingga belasan tahun tersebut dibiarkan, satu generasi menjadi korban.

Jokowi diminta blusukan ke Riau melihat langsung apa yang dialami warga. Masyarakat tidak ada pilihan selain bertahan. (baca: "Mau Tidak Pak Jokowi 'Blusukan' ke Tempat Kami? Lihat Hutan, Kebakaran, dan Asapnya?")

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com