Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana Kompensasi BBM di Gunungsitoli Bisa Cair Minggu Depan

Kompas.com - 21/11/2014, 17:10 WIB
Kontributor Nias, Hendrik Yanto Halawa

Penulis

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com - Kantor PT Pos Gunungsitoli belum menyalurkan dana kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk warga miskin di daerah itu. Menurut rencana, dana itu bisa dicairkan mulai 24 November mendatang.

Kepala PT Pos Gunungsitoli, Agus Tambunan menjelaskan, warga miskin yang berhak mendapatkan dana kompensasi BBM sebanyak 790.704 kepala keluarga tersebar di Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias Selatan di Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Dana itu dimasukkan ke Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) untuk pemegang Kartu Perlindungan Sosial (KPS).

"Nanti tanggal 24 November mulai disalurkan dana PSKS untuk tahap pertama, masing-masing Rp 400.000 per pemegang KPS," kata Agus, Jumat (21/11/2014).

Lanjut Agus, penyaluran dana kompensasi akan dipusatkan di Lapangan Merdeka Kota Guungsitoli dengan pengawasan pemerintah Gunungsitolo yang dibantu aparat kepolisian.

“Kita akan meminta Dinas Sosial untuk menurunkan petugasnya dalam menangani warga yang kehilangan atau kerusakan kartu KPS, sementara pelayanan jasa pos tetap berjalan. Mudah-mudahan penyaluran dana itu juga akan lancar,” katanya.

Agar tertib, pihaknya membuat jadwal pencairan dana kompensasi ini berdasarkan desa. Agus mengimbau warga yang akan mencairkan dana ini diharapkan membawa membawa fotokopi kartu KPS, KTP dan fotokopi kartu keluarga.

“Tadi kami sudah koordinasi dengan Bupati Nias dan Wali Kota Gunungsitoli, sehingga sudah ada jadwal penyaluran dana ini. Untuk Nias Utara, Nias Barat dan Nias Selatan, kami koordinasikan jadwalnya. Ini penting agar penyalurannya teratur,” ujar Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com