Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langka Solar, Ratusan Nelayan di Parepare Tidak Melaut

Kompas.com - 15/11/2014, 11:19 WIB
Kontributor Pinrang, Suddin Syamsuddin

Penulis


PAREPARE, KOMPAS. com
– Ratusan nelayan di Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, berhenti melaut karena kesulitan mendapatkan bahan bakar solar. Sudah tiga hari ini pasokan solar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cempae, Kelurahan Wattang Soreang, Kecamatan Soreang, habis.

"Saya dan ratusan nelayan lainnya hanya bisa menunggu hingga pengecer solar masuk menjual ke TPI ini," kata seorang nelayan bernama Alimuddin di TPI Cempae, Sabtu (15/11/2014).

Akibat kelangkaan solar, sejumlah nelayan terpaksa memarkirkan perahunya di dermaga TPI Cempae. Hari-harinya dihabiskan untuk membersihkan perahu, menikmati makanan dan minuman, dan tidur. Menurut Alimuddin, perahu miliknya dengan kapasitas 150 PK membutuhkan 150 liter solar dalam sekali perjalanan melaut.

"Kami hanya bisa melaut jika membeli solar yang diantarkan pengecer seharga Rp 7.000 hingga Rp 8.000 dari harga normal Rp 6.500," kata Ahmad, nelayan lain, sambil menikmati teh hangat di atas perahunya yang kehabisan bahan bakar.

Kondisi nelayan diperparah dengan tidak beroprasinya solar pocket dealer untuk nelayan (SPDN) di TPI Cempae. Kepala Bidang Perikanan dan Kelautan Dinas Pertanian, Kehutanan, Perikanan, dan Kelautan (PKPK) Kota Parepare Nasir mengatakan, SPDN sudah beberapa hari ini tidak mendapatkan suplai solar untuk nelayan. "Hari ini kami berusaha mencari penyebab kenapa solar di TPI Cempae tidak beroeprasi," kata Nasir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com