Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarum Suntik Gratis untuk Pengguna Narkoba di Banyuwangi

Kompas.com - 14/11/2014, 09:25 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi menerima 43.000 jarum suntik untuk pengguna napza (narkoba psikotropika dan zak adiktif lainnya). Bantuan dari KPA Nasional tersebut juga termasuk 43.200 alkohol untuk kebutuhan jarum suntik tersebut.

"Bantuan sudah sampai minggu kemarin dan nanti akan didistribusikan ke empat puskesmas yang berada di Banyuwangi Kota dan wilayah Banyuwangi selatan. Jarum suntik ini dibagikan secara gratis kepada pengguna narkoba jarum suntik," kata Erna Agustina Manager Program KPA Banyuwangi, Jumat (14/11/2014).

Erna menegaskan, pembagian jarum suntik gratis kepada pengguna narkoba jarum suntik untuk menekan angka penyebaran virus HIV AIDS di kalangan pengguna narkoba. "Penyebaran HIV AIDS melalui jarum suntik sangat cepat jika mereka menggunakan jarum suntik yang sama secara bergantian. 90 persen pasti tertular," ungkap dia.

Menurut Erna, jarum suntik kiriman KPA Nasional tersebut didesain khusus untuk sekali pakai, sehingga tidak bisa digunakan berkali-kali secara bergantian. "Selah dipakai sekali maka jarumnya akan tumpul sehingga tidak bisa dipakai lagi," kata dia.

Di Kabupaten Banyuwangi, menurut Erna, KPA Banyuwangi melakukan pendampingan kepada sekitar 500 pengguna. Erna menegaskan, pemberian jarum suntik bukan untuk memfasilitasi para pengguna narkoba jarum suntik, malainkan murni untuk memutus mata rantai penularan virus HIV AIDS.

"Bukan hanya sekadar memberikan jarum suntik secara gratis, tapi kami selalu memberikan pembekalan setiap bulan kepada mereka agar para pengguna narkoba segera berhenti dari kebiasaan mereka," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com